Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI M. Naudi Nurdika Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sumsel Wakasad Terima Laporan Kenaikan Pangkat 46 Pati TNI AD, Salah Satunya Mayjen Kowad Pertama Tanpa Kenal Lelah, TNI dan Warga Bersihkan Material Longsor di Badan Jalan Merangin-Kerinci Satgas TMMD 120 Kodim 0404/ME Gelar Penyuluhan Pemanfaatan Toga Danrem 081/DSJ : Penari yang Baik Adalah Penari yang Tahu Irama Gendang

Home / Warta TNI

Senin, 4 September 2023 - 07:48 WIB

Koopssus TNI Hancurkan Teroris yang Ancam Keamanan KTT Ke-43 Asean Jakarta

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Ancaman sabotase dan teror menjadi salah satu perhatian Panglima TNI dalam menyusun organisasi Satuan pengamanan VVIP KTT Ke-43 Asean. Menghadapi ancaman ini, Panglima TNI mengerahkan pasukan elit TNI yang terdiri atas Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL dan Satbravo TNI AU yang berada di bawah kendali Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI dalam Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgas Passus). Pasukan ini memiliki kemampuan kontra sabotase dan teror dengan keahlian mencari, mengidentifikasi dan menghancuran sasaran teror.

Dalam rangka menguji dan mempertajam keahliannya, Satgas Passus melaksanaksn Latihan Aksi Khusus / Show of Forces Koopsus TNI pengamanan VVIP KTT  ke-43 Asean tahun 2023 secara tepat, integrasi dan profesional. Bertempat di Lapangan Bola Gelora Bung Karno (GBK). Senayan, Jakarta, Minggu (3/9/2023).

Baca :  Digembleng Ala Militer, Atlet Sulteng Jalani Puslatda PON XXI, Brigjen TNI Dody Triwinarto : Mental Petarung dan Disiplin

Dalam latihan ini, Satgas Passus mensimulasikan aksi serangan terhadap kelompok teror yang berusaha mengganggu/mengancam keselamatan tamu negara dan kegiatan KTT Asean.

Gabungan pasukan elite dari tiga matra tersebut, diskenariokan on board Helikopter NAS-332 H-3217 Super Puma, dengan rute Atang Sanjaya  – Senayan – Halim Perdanakusuma. Helikopter NAS-332 H-3217 Super Puma Ingrees dari arah Utara ke Selatan menuju LZ Lapangan bola “B” Senayan.

Baca :  Rumuskan Strategi Efisiensi dan Efektivitas Program, TNI AD Gelar Rakornis TMMD ke-120

Helikopter Hovering di atas LZ dan kedua JM menurunkan tali Fastrope dikedua pintu helikopter. Setelah mendarat langsung membentuk formasi melingkar untuk menghadapi datangnya ancaman musuh.Kedua JM melepaskan tali Fastrope dari helikopter, dilanjutkan melaksanakan serbuan ke arah posisi musuh. Setelah berhasil mengeliminasi musuh selanjutnya bergerak menuju titik penjemputan, dengan kecepatan tinggi melaksanakan escape ke tempat aman.

Menurut Dankoopssus TNI yang juga menjabat sebagai Dansatgas Passus Pam KTT Ke-43 Asean, Mayor Jenderal TNI Joko Purwo Putranto, M. Sc., latihan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab TNI dalam memberikan jaminan perlindungan dan keamanan kepada seluruh Presiden, Wakil Presiden dan Tamu Negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan yang hadir dalam KTT Ke-43 ASEAN SUMMIT pada tanggal 5 s.d. 7 September 2023, dalam rangka mendukung Tugas pokok TNI.

Baca :  Terima Penghargaan Babinsa Terbaik, Kiprah Serka Ilham Dalam Menurunkan Stunting

“Latihan  ini untuk mengasah keahlian dan naluri tempur para prajurit agar siap melaksanakan tugasnya, ini adalah bentuk tanggung jawab TNI untuk memastikan keamanan dan kenyamanan seluruh tamu negara peserta KTT Asean”. Jelas Joko Putranto.

Adapun alutsista yang digelar di GBK pada latihan tersebut yaitu 2 Rantis P6 ATAV, 1 Ransus JUNKLE, 1 Ransus INKAS dan 1 Ambulance.

(Puspen TNI)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Tiba Jambi, Piala Juara Pertama Lomba Binter Kodim Tipe A 2021 Diarak Keliling Kota

Warta TNI

Peringati Hari Pers Nasional, Babinsa Koramil 09/TP Donorkan Darahnya Di PWI Jambi

Warta TNI

Sejahterakan Masyarakat, Satgas Yonif 143/TWEJ Kembangkan Usaha Kreatif Di Papua

Warta TNI

Satgas Yonif MR 412 Kostrad Beri Pelayanan Kesehatan Gigi Gratis Kepada Masyarakat Pedalaman Papua

Warta TNI

Wujudkan Stabilitas Keamanan Di Distrik Ilaga, TNI- Polri Lakukan Patroli Gabungan

Warta TNI

Jalin Keakraban, Satgas TMMD Main Bulutangkis Bersama Warga

Warta TNI

Kasrem 042/Gapu Dampingi Gubernur Jambi Lepas Peserta Lomba Lari 10 K

Warta TNI

Korem 042/Gapu Gelar Penyuluhan Kesehatan Tentang Pola Hidup Sehat dan Penyakit Kronis