Kolonel Eko Pristiono Membuka Secara Resmi Kejuaraan Dandim Cup Sumatra Drag Wars 2024 Pisah Sambut Dandim 0415/Jambi, Pj Walikota Jambi Apresiasi Kolaborasi Kolonel Eko Pristiono Dukung Program Ketahanan Pangan, Yonarmed 12 Kostrad Budidaya Ikan Lele TOB Berberati Kembali Mendapat Apresiasi Dari Tim COE Sinyal PAN Bersama Gerindra di Pilgub Jambi 2024, Zulhas Titip Al Haris ke Prabowo

Home / Warta TNI

Rabu, 31 Januari 2024 - 19:43 WIB

Selain Sebar Hoax, KKB Berbaur Dengan Masyarakat Sebagai Tameng

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Tak henti-hentinya menyebar berita bohong atau Hoax, gerombolan Kelompol Kriminal Bersenjata (KKB) pun berbaur dengan masyarakat untuk dijadikan tameng kemudian melancarkan aksi penyerangan dan penembakan kepada Warga Sipil yang telah menjadi targetnya, termasuk pula kepada Aparat Keamanan TNI Polri.

Demikian disampaikan Ws. Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M. dalam keterangannnya saat dikonfirmasi terkait perkembangan situasi di wilayah Kab. Intan Jaya, Rabu (31/1/2024).

Berita Hoax ini seperti diwartakan (30/1) di Media Sosial (Medsos), bahwa KKB dan simpatisannya menyebutkan berhasil menembak Prajurit TNI dan mayat Prajurit TNI tersebut membusuk di Titigi. Sedangkan yang terjadi bahwa Prajurit TNI tersebut terkena recoil set atau terkena pantulan peluru saat KKB menembak pagar kantor Bupati Intan Jaya dan saat ini Prajurit TNI ini sudah membaik dan akan bertugas kembali.

Baca :  Satgas Pamtas Yonarhanud 12/SBP Kembali Gagalkan Penyelundupan Puluhan Miras Ilegal Dari Malaysia

Termasuk mengangkat isu Patung Yesus yang sebenarnya telah dibahas dan telah diselesaikan oleh Unsur Forkopimda dan Para Tokoh di Intan Jaya.

Baca :  Kasad Ajak Ribuan Anggota Pramuka Bersatu Dengan Alam

Terkait kejadian penembakan (29/1) oleh KKB saat tengah berlangsung rapat koordinasi di kantor Pemda Kabupaten Intan Jaya dan mengenai pagar kantor tersebut. Dijelaskan oleh Letkol Inf Candra bahwa gerombolan KKB berbaur dengan masyarakat, kemudian melakukan penembakan mengenai pagar kantor Pemda. Akibatnya pantulan peluru atau recoil setnya mengenai Prajurit TNI Satgas Yonif 330/TD yang membantu mengamankan pelaksanaan Rapat Koordinasi tersebut.

Baca :  Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Mendapat Apresiasi Dari Tim Inspeksi COE Atas Kesiapan Peralatan Yang Dimiliki

“Modus adalah KKB berbaur dengan Masyarakat dan menjadikan Masyarakat sipil sebagai tameng, lalu melancarkan Aksinya. Cara-cara itu lah yang digunakan gerombolan ini,” tegas Candra.

“Aparat TNI Polri sangat berhati-hati dalam bertindak demi menghindari terjadinya korban dipihak Masyarakat sipil.”

“Kalau gerombolan KKB segala cara digunakan, termasuk mengorbankan warga sipil, membakar rumah warga dan fasilitas umum, serta merampas hasil bumi dan melarang warga beraktivitas di Pasar,” kata Kapendam.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Peduli Rumah Ibadah, Prajurit Satgas Yonif RK 114/SM Cat Gereja Di Desa Silan Nduga

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi : Binsiap Apwil dan Puanter Salah Satu Upaya Kodim Meningkatkan Kesiapan Apter Melaksanakan Pemberdayaan Wilayah

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Pengamanan Kunjungan Presiden RI Dan Wakil Presiden RI Di Lampung

Warta TNI

Anjangsana dengan Tomas, Babinsa Serda Febri Bahas Keamanan di Wilayah Binaan

Warta TNI

Klasemen Sementara Liga Santri Piala Kasad 2022 di Provinsi Jambi

Warta TNI

Danrem 023/KS Berikan Tali Asih Pada Anak Penderita Stunting

Warta TNI

Jelang Nataru, Pangdam II/Sriwijaya Bersama Forkopimda Sumsel Rakor Lintas Sektoral

Warta TNI

Jalin Kerjasama, Baznas Papua Bersilaturahmi Temui Pangdam XVII/Cenderawasih