Kode Berpasangan Lagi di Pilgub Jambi, Inilah Bukti Keakraban Al Haris dan Abdullah Sani 142 Orang Putra Terbaik Bangsa Ikuti Pendidikan Secata Di Rindam II/Swj Navy Fun Run Hardikal Ke-78, Ribuan Runners Jelajahi Kawah Candradimuka TNI AL Bumimoro Dikmata TNI AD 2024, Tempa Ribuan Putra Bangsa Jadi Prajurit Sejati Pangdam II/Swj Ingatkan Para Dansatgas TMMD 120 Agar Anggaran yang di Percayakan ke TNI Harus Dipertanggungjawabkan

Home / Warta TNI

Minggu, 22 Mei 2022 - 06:16 WIB

Satgas TNI 142/KJ Ajari Warga Perbatasan Cara Pembuatan Toge

Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ Pos Karubaga ajari cara pembuatan toge dari biji kacang hijau, bertempat di rumah Kepala Suku Bapak Katanggeng Cikua di Jln Ifar Gunung Distrik Karubaga, Kab Tolikara, Sabtu (21/5/2022)./ FOTO : Pendam XVII Cenderawasih

Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ Pos Karubaga ajari cara pembuatan toge dari biji kacang hijau, bertempat di rumah Kepala Suku Bapak Katanggeng Cikua di Jln Ifar Gunung Distrik Karubaga, Kab Tolikara, Sabtu (21/5/2022)./ FOTO : Pendam XVII Cenderawasih

SRIWIJAYADAILY.CO.ID ~ Sebagai upaya meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal bercocok tanam, Satgas Pamtas RI-PNG Kewilayahan Yonif Raider 142/KJ Pos Karubaga melakukan penyuluhan bercocok tanam tata cara pembuatan toge dari biji kacang hijau, bertempat di rumah Kepala Suku Bapak Katanggeng Cikua di Jln Ifar Gunung Distrik Karubaga, Kab Tolikara, Sabtu (21/5/2022).

Kali ini Kopda Nopaldi personel Satgas Pamtas RI-PNG kewilayahan Yonif Raider 142/KJ Pos Karubaga menyampaikan tata cara pembuatan toge yang harus disiapkan yaitu 500 gram kacang hijau, wadah berlubang lubang, baskom, tissu dan air.

Baca :  Safari Ramadhan Pangdam II/Swj, Ibadah dan Wahana Silaturahmi

Langkah pertama yang dilakukan yaitu cuci bersih kacang hijau lalu di rendam di baskom yang berisi air, rendam kacang hijau ini selama 24 jam, ganti air untuk merendam sebanyak 4 – 5 kali, kacang hijau yang sudah direndam, kemudian diletakkan di wadah yang berlubang lubang agar kacang hijau tidak tumpah pada wadah di beri alas tisu.

Baca :  5 Pejabat Kodam Cenderawasih Resmi Berganti, Salah Satunya Kapendam

Selanjutnya tutup wadah kacang hijau dengan kain bersih lalu etakkan di tempat yang lembab dan tidak terdapat sinar matahari langsung, dalam proses pertumbuhan agar di percikan air sehari sebanyak 3 kali setelah 2-3 hari toge siap dipanen.

“Saya yakin dan percaya masyarakat yang keseharian bertani serta bercocok tanam dapat menambah pengetahuan yang kita berikan ini,” pungkas Kapten Inf Yulian Timur.

Baca :  Safari Ramadhan Pangdam II/Sriwijaya di Wilayah Korem 042/Gapu

Sementara itu, Bapak Katanggeng Cikua Kepala Suku mengucapkan banyak terima kasih kepada Satgas TNI yang telah memberi pemahaman tentang bercocok tanam.

“Saya selaku Kepala Suku sangat senang mendapat tambahan pembelajaran masalah toge, terima kasih TNI,” jelas Bapak Katanggeng Cikua. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Tim Wasev Mabesad Kunjungi TMMD Kodim 0429/ Lampung Timur

Warta TNI

Dansatgas Pamtas RI-PNG Statis Yonif 511/DY Tinjau Langsung Pembangunan Pos Yanggandur

Warta TNI

Dukung Program Ketahanan Pangan, Kodim 0421/LS Panen Raya Jagung di Desa Penengahan

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Gelar Upacara 17-an Bulan Oktober 2023

Warta TNI

Perkuat Ketahanan Pangan, Danrem 045/Gaya Bersama Forkopimda Tanam Cabai Serentak

Warta TNI

Bupati Batanghari Berharap Program TMMD Dapat Membangun Infastruktur Desa

Warta TNI

Kodim 0421/LS Gelar Kejuaraan Body Contest Dan Panco Dandim Cup 2023

Warta TNI

Sehat Dan Disiplin, Babinsa Mindiptana Bimbing Anak-Anak Senam Pagi