Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Cek Stok Ketersediaan Beras Jelang Ramadhan Baznas Kota Jambi Ikut Andil Dalam Bedah Rumah Tidak Layak Huni Kodim 0415/Jambi 9 Atlet Taekwondo Kodam II/Swj Siap Gondol Medali Kapolri Gandeng Beragam Stakeholder, TNI AD Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Klarifikasi TNI AD Terkait Cuitan Hoax Video Iring-Iringan Ranpur TNI di Jalan Raya

Home / Warta TNI

Kamis, 23 Desember 2021 - 18:34 WIB

Dandim 0418/Palembang Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2021

SRIWIJAYADAILY

Komandan Kodim 0418/Plg Letkol Inf Sumarlin Marzuki, SE wakili Danrem 044/Gapo ikuti upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2021 yang bertempat di Lapangan Bhayangkara Pakri (Stadion Wira Bhakti) Jalan Jenderal Bambang Utoyo Palembang, Kamis (23/12/2021).

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2021 ini mengusung tema “Melalui Apel Gelar Musi 2021 Kita Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Pada Perayaan Natal 2021 Dan Baru 2022”, di Pimpinan Wakil Gubernur Sumsel Ir. H. Mawardi Yahya selaku Insfektur Upacara.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumsel Ir Mawardi Yahya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si bahwa Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan operasi lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI dan lainnya.

Baca :  TNI Hadir Air Mengalir, TMMD Kodim 0426/Tulang Bawang Wujudkan Air Bersih Untuk Masyarakat

Operasi lilin 2021 akan dilaksanakan selama 7 hari mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun baru.

Kegiatan ini tidak dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan kita cenderung dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi covid 19 saat ini kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan cluster – cluster baru penyebaran covid-19.

Baca :  Letjen TNI Hilman Hadi Terima Gelar Hulubalang Jayo Dilago

Selain itu ganguan kamtibmas dan ancaman keamanan harus kita antisipasi seperti ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Untuk itu saya harapkan mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah.

Ada beberapa poin penekanan Kapolri dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan diantaranya, Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca :  Kodim 0415/Jambi Terima Bantuan 7 Unit Motor Dinas Babinsa Dari Pemkot Jambi

Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Serta laksanakan pengamanan secara profesional dan berikan pelayanan terbaik dan perlengkapan perorangan yang memadai dan lakukan penugasan anggota dengan sistem melaksanakan penegakan hukum secara profesional, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam II/Swj, Kapolda Sumsel, Kabinda Sumsel, serta Para Pejabat Utama Polda Sumsel, Kalaksana BPBD Sumsel dan Ka Basarnas Sumsel. (Penrem 044/Gapo)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Dandim 0416/Bute Ingatkan Generasi Muda Pentingnya Pendidikan Karakter Serta Wawasan Kebangsaan

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Sambut Kunjungan Kerja Kapolda di Mapolres Batanghari

Warta TNI

Selalu Dekat Dengan Masyarakat, Babinsa Koramil 03/Ma. Tembesi Bantu Warga Bangun Rumah

Warta TNI

Canda Tawa Warnai Komsos Babinsa Koramil 10/JS Bersama Warga Binaan

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Terima Audiensi Kepala BNN Jambi

Warta TNI

Tanamkan Nilai Kedisiplinan, Satgas Yonif R 142/KJ Latihkan Peraturan Baris Berbaris

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 200/BN Bersama Masyarakat Perindah Bandara Kelila

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Pimpin Rakor Penghijauan dan Pemanfaatan Lahan Tidur di Wilayah Babel