Kasrem 043/Gatam: Dukungan Orang Tua Kunci Sukses Pekan Imunisasi Nasional Polio Dandim 0411/KM Berikan Apresiasi atas Prestasi Anggota di Lomba Video Pendek HUT Bhayangkara ke-78 Babinsa Kodim 0402/OKI Sigap Bantu Padamkan Api Karhutla di Desa Lorok Dandim 0420/Sarko Hadiri Peluncuran Inovasi Stunting dan PIN Polio di Sarolangun Persiapan Pembukaan TMMD ke-121 TA 2024 di Jambi Hampir Final

Home / Portal Militer

Kamis, 23 Desember 2021 - 18:34 WIB

Dandim 0418/Palembang Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2021

SRIWIJAYADAILY

Komandan Kodim 0418/Plg Letkol Inf Sumarlin Marzuki, SE wakili Danrem 044/Gapo ikuti upacara Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2021 yang bertempat di Lapangan Bhayangkara Pakri (Stadion Wira Bhakti) Jalan Jenderal Bambang Utoyo Palembang, Kamis (23/12/2021).

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2021 ini mengusung tema “Melalui Apel Gelar Musi 2021 Kita Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Pada Perayaan Natal 2021 Dan Baru 2022”, di Pimpinan Wakil Gubernur Sumsel Ir. H. Mawardi Yahya selaku Insfektur Upacara.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumsel Ir Mawardi Yahya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si bahwa Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pelaksanaan operasi lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI dan lainnya.

Baca :  Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban, Babinsa Bersama Tiga Pilar Kelurahan Beringin Gelar Patroli Malam

Operasi lilin 2021 akan dilaksanakan selama 7 hari mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 dengan mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun baru.

Kegiatan ini tidak dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa sehingga menjadikan kita cenderung dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat apalagi di masa pandemi covid 19 saat ini kita harus lebih peduli jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan cluster – cluster baru penyebaran covid-19.

Baca :  Danramil Jambi Timur Hadiri Penilaian Camat Berprestasi di Kota Jambi

Selain itu ganguan kamtibmas dan ancaman keamanan harus kita antisipasi seperti ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Untuk itu saya harapkan mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada sesuai dengan karakteristik masing-masing daerah.

Ada beberapa poin penekanan Kapolri dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan diantaranya, Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca :  Babinsa Koramil 03/Muara Tembesi Sosialisasikan Bahaya Karhutla

Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

Serta laksanakan pengamanan secara profesional dan berikan pelayanan terbaik dan perlengkapan perorangan yang memadai dan lakukan penugasan anggota dengan sistem melaksanakan penegakan hukum secara profesional, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam II/Swj, Kapolda Sumsel, Kabinda Sumsel, serta Para Pejabat Utama Polda Sumsel, Kalaksana BPBD Sumsel dan Ka Basarnas Sumsel. (Penrem 044/Gapo)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Atasi Kenakalan Remaja, Danramil 09/Telanaipura Beri Edukasi Di Sekolah

Portal Militer

24 Tahun Pengabdian, Bintara PK ’99 “Batara” Bagikan Nasi Kotak Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Portal Militer

Sinergitas TNI – Polri Bersama Masyarakat Wujudkan Boven Digoel Bersih Dan Nyaman

Portal Militer

Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Babinsa Desa Kendal Bersama PPL Gelar Penyuluhan Pertanian

Portal Militer

Bakamla RI Bantu Evakuasi Korban Kapal SB Evelin Calisca 01 Terbalik

Portal Militer

OPM Teror Distrik Sinak, Koops TNI Habema Berhasil Atasi Dan Tembak Anggota OPM

Portal Militer

Ini Alasan Danrem 081/DSJ Tanam Padi Dini Hari

Portal Militer

Pangdam II/Sriwijaya : Kehadiran TNI Harus Ada Manfaat Untuk Masyarakat