Prajurit Yonif 144/Jaya Yudha Melaksanakan Lomba Memasak Peringati HUT KORPRI Ke-52 Tahun 2023, PNS TNI Kodam II/Sriwijaya Menggelar Acara Syukuran Resmi Jadi Kepala Staf TNI AD, Jenderal Maruli Simanjuntak Pastikan TNI AD Netral di Pemilu 2024 Babinsa Ajak Warga Berdayakan Sampah Menjadi Tabungan Emas Gaspoll, Hari Pertama Kerja Danrem 042/Gapu Laksanakan Program Kodam II/Sriwijaya Masuk Kampus

Home / Pendam II Sriwijaya / Warta TNI

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 17:15 WIB

Danyonif 141/AYJP Hadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di Muara Enim

SRIWIJAYADAILY.CO.ID –┬áDalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 141/AYJP, Letkol Inf Arie Prasetyo Widyo Broto menghadiri Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95, Sabtu (28/10/2023) bertempat di Lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pj. Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ahmad Rizali membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dito Ariotedjo dalam memperingati hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia, yaitu Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023.

Disampaikannya bahwa, momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang juga sebagai momentum mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Baca :  Kumpulkan Ribuan Dansat, Kasad Tekankan Hal ini

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”, dengan logo HSP Ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Selanjutnya, disampaikan juga bahwa pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Baca :  Geladi Medan Opswanger Pasis Dikreg LXIII Seskoad TA 2023

Di sisi lain, perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi. Demikian halnya dengan tatanan sosio-kultural, politik, dan bahkan bisnis yang di kontestasi.

“Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor”, ujarnya.

Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, organisasi kepemudaan, komunitas, serta elemen-elemen lain.

Baca :  Danyonif 144/Jaya Yudha Terapkan Tradisi Wajib Kunjung Kepada Anggota Yang Sakit

“Peringatan sumpah pemuda Ke-95 Simbol kolaborasi dan keanekaragaman heterogenitas dan sumber kekuatan memajukan Indonesia , Mari kita jadikan sebagai semangat membangkitkan kolaborasi memajukan negeri”, pungkas Ahmad Rizali

Turut hadir diantaranya, Dandim 0404/Muara Enim, Letkol Arh Rimba Anwar, para Kepala Dinas, perwakilan organisasi kepemudaan, perwakilan Polres Muara Enim, Mahasiswa/i serta para tamu undangan lainnya.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Babinsa Koramil 10/JS Ajak Warga Gotong Royong Perbaiki Prasarana Jalan Kampung

Warta TNI

Dukung Program Ketahanan Pangan, Dandim 0419/Tanjab Bersama Forkopimda Tanjab Barat Tanam Padi Perdana Di Sungai Tiram

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 142/ KJ Buka Pos Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Papua

Warta TNI

Kolonel Chk Donny S.D. Atmojo Berikan Tips Self Defense Kepada Prajurit Kumdam II/Swj

Warta TNI

Lancarkan Mobilitas Warga Dua Desa Satgas Yonif Raider 200/BN Perbaiki Jembatan

Warta TNI

Aparat Gabungan TNI-POLRI Berhasil Tangkap Dua Terduga Pelaku Pembakaran Kantor Distrik Abenaho

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Pimpin Ziarah Nasional Peringatan HUT TNI ke – 77

Warta TNI

Awali Aktifitas Kerja Tahun 2022, Danrem 045/Gaya Mengambil Apel Gabungan