Progres Pembangunan Musholla Desa Fajar Indah Sudah Tahapan Pengecatan Usung Nuansa Dan Konsep Minimalis, Ini Penampakan RTLH TMMD Kodim 0404/Muara Enim Kades Fajar Indah Apreasiasi Pembangunan RTLH Satgas TMMD Kodim 0404/Muara Enim Barisan Keluarga Budi Setiawan Luncurkan Posko Kemenangan Pilwako Jambi 2024 Wakasad : Pembangunan Satuan Krusial Bagi Pengembangan Kekuatan Pertahanan

Home / Warta TNI

Kamis, 28 Oktober 2021 - 08:25 WIB

Pemimpin AL Pasifik Bahas Stabilitas Kawasan

Jakarta – Sriwijayadaily.co.id

Pemimpin Angkatan Laut negara -negara di wilayah Pasifik Barat membahas isu-isu maritim dan kegiatan kerja sama, dalam rangka menjaga hubungan yang harmonis dan menciptakan kestabilan di kawasan.

Hal itu terungkap dalam forum pertemuan pimpinan tertinggi Angkatan Laut negara-negara di wilayah Pasifik Barat atau 17th Western Pacific Naval Symposium (WPNS) Principal Only Session secara virtual dari Gedung Neptunus, Mabesal, Jakarta. Selasa (26/10/2021).

Baca :  TMMD Ke-119 Kodim 0432/Basel Resmi Dibuka

Dalam 17th WPNS tersebut sebagai tuan rumah Philippine Navy dengan tema “Effective Ocean Governance for Regional Partnerships and Stability”. Hingga saat ini WPNS memiliki 20 anggota tetap dan 8 anggota tidak tetap (observer).

Forum pertemuan ini dipimpin oleh Vice Admiral Adeluis Bordado, Flag-Officer-in-Command (FOIC) Philippine Navy.

Dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), menyebutkan, keikutsertaan TNI AL Sebagai wujud nyata pelaksanaan tugas diplomasi sekaligus dalam rangka menyikapi perkembangan di kawasan regional.

Baca :  14 Ribu Lebih Personel TNI - Polri Amankan KTT World Water Forum Ke-10 Di Bali

TNI AL mengirimkan delegasi yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purnomo didampingi Asops Kasal, Waasintel Kasal, Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal dan Paban IV Hublu Kersin Sintelal.

Pada kesempatan ini, Laksdya Ahmadi menyampaikan bahwa TNI AL akan menyelenggarakan kegiatan Junior Officer Interaction Program (JOIP) pada tahun 2025 dan WPNS Workshop serta WPNS Symposium pada tahun 2032 sebagai wujud peran aktifnya dalam forum WPNS.

Baca :  Tanam Pohon Jelang HUT Ke-78 Korem, Danrem 041/Gamas: Kita Jaga Alam, Maka Alam Akan Jaga Kita

Keikutsertaan TNI AL dalam forum ini merupakan tindak lanjut arahan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam Rapat Pimpinan TNI AL 2021 yaitu meningkatkan diplomasi TNI AL. Hal tersebut juga merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Progres Bedah Rumah Hendrik Program TMMD Ke-118 Kodim 0427/WK Capai 60 %

Warta TNI

Apkowil Dituntut Mentransformasikan Binter di Era Digital

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Ikuti Rakornis TMMD ke-115 Tahun 2022 Secara Virtual

Warta TNI

Ciptakan Lingkungan Bersih, Babinsa Bersama Warga Kampung Skouw Mabo Laksanakan Karya Bhakti

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Hadiri Malam Penganugerahan Dan Gebyar Hadiah Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Griya Agung

Warta TNI

Sambangi Warganya, Babinsa Kodim 0415/Jambi Ajak Ciptakan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

Warta TNI

Perkuat Sinergitas, Pangdam XVII/Cenderawasih Berkunjung Ke Mapolda Papua

Warta TNI

Ini Pesan Pangdam XVII/Cenderawasih Saat Mengunjungi Denzipur 10/KYD