Peduli Sesamo, Koramil Tungkal Ulu Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Kurang Mampu Danrem 042/Gapu Melalui Vicon Ikuti Taklimat Awal Wasrik BPK RI Gelar National Convention Ke-4, Duta Elok Persada Berikan Apresiasi Pada Mitra Usaha Kasad Tegaskan TNI AD Harus Jadi Solusi Hadapi Ancaman Banglingstra Pangdam II/Sriwijaya : Kehadiran TNI Harus Ada Manfaat Untuk Masyarakat

Home / Gema TNI

Rabu, 12 Januari 2022 - 11:53 WIB

Pria Asal Magelang Ini Berangkat Ke Tanah Suci Gunakan Sepeda

SRIWIJAYADAILY

Berangkat menunaikan ibadah rukun Islam ke lima ditanah suci merupakan dambaan bagi seluruh setiap umat muslim, namun tidak semua dapat melaksanakannya apalagi ditengah kondisi pandemi saat ini.

Lain halnya dengan Muhammad Fauzan, pria asal Dusun Plikon, Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang nekat berangkat menunaikan ibadah Haji dengan menggunakan Sepeda.

Ia membulatkan tekat untuk pergi sejak tanggal 4 november 2021 lalu. Dan pada minggu, (09/01/2022) sekitar pukul 19.00 wib lalu tiba di Kota Kualatungkal, Tanjab Barat.

Saat ditemui dikediaman H. Yeri ketua Pemuda Muhamadiyah Tanjab Barat, ia mengatakan bahwa keinginan kuatnya pergi haji ke tanah suci Makkah sudah lama bahkan sudah menabung selama enam tahun.

Namun uang yang di tabung tidak mencukupi, “Akhirnya saya bulatkan niat, tekat dengan nawaitu dan keyakinan keinginan kuat tetap ingin sampai ke tanah suci, uang tabungan saya tersebut saya belikan sepeda sebagai transportasi untuk sampai ke Makkah,”sebutnya. Selasa, (11/01/2022).

“Dan Alhamdulillah juga Isteri saya mengizinkan, memang sebelumnya orang tua dan mertua saya yang agak berat tetapi setelah dikomunikasikan, Alhamdulillah mereka juga mengizinkan, Illahita’ala saya melangkah meninggalkan anak juga yang masih berusia dua tahun, semoga Allah selalu memberikan jalan dan perlindungan Nya,”ujarnya.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Coffee Morning Dan Olahraga Bersama Insan Pers Dan Mantan Pemain Persipura

Ayah satu anak ini menjelaskan, kurang lebih selama delapan bulan ia memperkirakan dengan jarak tempuh lebih kurang 14 ribu kilometer untuk dapat menginjakkan kaki ketanah suci.

Diperkirakan bulan 6 tahun 2022 sudah sampai di tanah suci Mekkah.

Adapun negara yang bakal dilaluinya yakni Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Pakistan hingga wilayah Timur tengah.

Terkait persediaan jumlah uang, Fauzan enggan menyebutkan hanya saja untuk keperluan selama perjalanan dan jika kurang minta bantuan kepada keluarga yang ada di Kampung

Alasan kuat Pria 28 tahun itu ingin menggunakan sepeda berjenis road bike yang dimodifikasi untuk membawa sejumlah perlengkapan tersebut, agar lebih mudah secara administrasi diperjalanan, apalagi harus melintasi beberapa negara tanpa SIM Internasional seperti halnya kendaraan bermotor.

Baca :  Resmi Ditutup, Inilah Pemenang Kejuaraan Tenis Lapangan Dandim 0416 Bute Cup 2022

Meskipun begitu Fauzan tak lekang, sebab masih banyak tantangan yang bakal ia hadapi untuk sampai ketanah impian nya tersebut. “Perlengkapan yang saya bawa yang pasti pakaian dan perlengkapan ibadah dan juga suku cadang sepeda tapi tidak semua hanya alat alat yang penting saja,”tuturnya.

Suka dan duka selama perjalanan hingga tiba di kota Kualatungkal telah banyak ia hadapi. Guru Ponpes itu sempat sakit akibat kelelahan dan terpaksa harus beristirahat selama dua hari, pada saat itu ia sedang berada di Bandar Lampung. Kemudian pecah ban pun ia rasakan hingga akhirnya harus mendorong sejauh 5 kilometer untuk dapat menemukan bengkel ban sepeda.

“Disetiap kota yang saya samperin selalu saja ada orang baik dari komunitas Gowes, dan teman teman dari Muhammadiyah menyambut dengan baik dan memberikan saya motivasi sehingga bisa berada disini, mudah mudahan sampai ketempat tujuan,”imbuhnya.

Tepat pukul 15.30 Wib, dirinya sudah berada di Kapal Roro Kualatungkal untuk melanjutkan perjalanan ke kota Batam dan selanjutnya akan menuju negara tetangga yakni Malaysia.

Baca :  Pangdam XVII/Cenderawasih Dikukuhkan Menjadi Bapak Asuh Anak Stunting Papua

“Insya Allah jam 4 sore nanti berangkat ke Kota Batam naik kapal Roro, kemungkinan subuh besok sudah berada disana. Saya mohon doanya kepada teman teman yang selama ini mendampingi saya selama di Kualatungkal,”paparnya.

Sementara itu, Ketua Muhammadiyah Tanjab Barat H.Yeri mengaku merasa terharu melihat keinginan kuat Fauzan untuk sampai ke tanah suci Mekkah.

“Jujur Kita merasa terharu dengan mas Fauzan, secara berfikir tidak masuk akal tapi berkat keyakinannya dan seizin Allah apa yang tidak mungkin, tentunya ini menjadi motivasi bagi kita, untuk menunaikan ibadah haji. Orang pakai sepeda saja mau berangkat ke Tanah suci,”ucapnya.

“Semoga mas Fauzan bisa sampai tujuan dengan selamat, dan impian ia untuk naik haji bisa terwujud. Ada sedikit kita sisihkan rezeki untuk mas fauzan mudah mudahan berkat niat baik dan ketulusan mas Fauzan bisa mendoakan untuk Tanjab Barat, aman, damai, tentram dan berkah,”imbuhnya.(**)

Share :

Baca Juga

Gema TNI

Dandim 0415/Jambi Tinjau Lokasi Ketahanan Pangan

Gema TNI

Dandim 1709/Yawa Lepas Satuan Bko Apter Kodim Persiapan Waropen Kembali Ke Satuan Asal

Gema TNI

Danrem 042/Gapu Hadiri Acara Penganugerahan Gelar Adat Melayu Jambi

Gema TNI

Kasad Dampingi Menhan RI Buka Pameran Indo Defence 2022 Expo and Forum

Gema TNI

Peta Dunia Membawa Keakraban Siswa Bersama Satgas TNI 142/KJ

Gema TNI

Pangdam XVII/Cenderawasih Secara Resmi Tutup Festival Ramadhan 1443 H/2022 M

Gema TNI

Melalui Vicon, Danrem 042/Gapu Bersama Pangdam Bahas Empat Program Unggulan

Gema TNI

Pesan Kasad, Jadilah Pemimpin Yang Dicintai