Bekali Peserta Seleksi Dansat Kewilayahan dan Tempur, Ini Pesan Wakasad Turun Langsung Temui Prajurit, Kasad Gali Aspirasi dan Cek Kesejahteraan Anggotanya Pimpin Sertijab dan Tradisi Korps, Pangdam Cenderawasih Tegaskan Pentingnya Kerjasama dan Konsistensi Mantan Bupati Usman Ermulan Memuji Langkah Budi Setiawan Maju Sebagai Wali Kota Jambi 2024 Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 15/Cailendra Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-siswi SMK

Home / Warta TNI

Sabtu, 18 Juni 2022 - 07:05 WIB

Tingkatkan Produksi Daging Lokal, Babinsa Mapurujaya Motivasi Peternak Kambing

SRIWIJAYADAILY.CO.ID ~ Dalam rangka meningkatkan produktivitas daging lokal di wilayah binaan, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya dipimpin Sertu Selamet Riyadi rutin memberikan motivasi dan pendampingan kepada peternak kambing Bapak Sutrisno (45) di Kel. Wania Distrik Mimika Timur Kab. Mimika melalui kegiatan Komsos, Jumat (17/06/2022).

Sebagaimana diketahui, kambing merupakan hewan ternak yang memiliki keuntungan yang banyak. Dagingnya memiliki nilai jual yang lumayan tinggi dan bernilai baik. Terlebih pada saat hari besar Islam Idul Adha/Lebaran Haji, biasanya harga kambing dapat meningkat dan memiliki harga jual yang sangat tinggi karena banyak dibutuhkan untuk berkurban.

Baca :  Dandim 0415/Jambi Bersama Forkopimda Kota Jambi Gaungkan Gerakan Ayo Menanam

Saat dikonfirmasi, Sertu Selamet mengatakan, perawatan dan pemeliharaan kambing memang gampang-gampang susah. Namun untuk lokasi desa atau perkampungan, memelihara kambing memiliki banyak kemudahan karena di kampung masih banyak lahan kosong yang ditumbuhi rumput sebagai makanannya.

“Kambing Bapak Sutrisno adalah jenis Etawa, dimana masa jualnya lebih cepat daripada kambing kacangan yang sampai 12 bulan baru bisa di jual sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan daging di Kab. Mimika. Selain dagingnya, limbah kotoran jenis kambing ini juga dapat digunakan untuk pupuk pertanian yang sangat baik bagi kesuburan tanah sehingga dapat membantu meningkatkan usaha pertanian,” ungkap Sertu Selamet.

Baca :  Bina Sinergitas, Babinsa Komsos Dengan Staf Kelurahan Orang Kayo Hitam

Dengan senyum ceria, Bapak Sutrisno mengatakan bahwa hewan Kambing di Timika sangat mudah diperjual belikan kepada perorangan maupun di pasar, terlebih apabila memiliki ternak kambing yang kualitasnya sehat dan gemuk-gemuk, maka pembeli akan datang dengan sendirinya.

Baca :  Tim Inspeksi COE Berikan Apresiasi Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-J Minusca Car

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Babinsa yang selalu memberikan motivasi kepada kami, mudah-mudahan dengan kehadirannya Bapak Babinsa dapat memberikan semangat bagi kami para peternak di Kel. Wania,” ujar Bapak Sutrisno. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Perjuangan Sang Kapten Membuahkan Hasil, Kini Seorang Anak Pengidap Tumor di Batanghari Dibiayai Pemerintah

Warta TNI

Pemkab Batanghari Dukung Program TMMD Untuk Kepentingan Masyarakat

Warta TNI

KST Kembali Tembak Mati Satu Prajurit TNI di Nduga, Evakuasi Terkendala Cuaca

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Bersama Forkopimda Babel Ikut Pertandingan Eksibisi Sepak Bola Turnamen Gubernur Cup

Warta TNI

Bangga dan Haru Saat Kasal Sambut Kedatangan Satgas KJK di Belanda

Warta TNI

Antisipasi Bahaya Karhutla, Babinsa Rutin Melaksanakan Patroli Bersama Warga

Warta TNI

Faskes Belum Memadai, Masyarakat Kampung Kekey Berobat Di Pos Satgas Yonif Raider 200/BN

Warta TNI

Babinsa Hadiri Pembukaan MTQ Tingkat Kelurahan Sengeti