Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan Kodim 0416/Bute Gelar Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat, Anggota Kodim 0416/Bute Laksanakan Pembersihan Pangkalan

Home / Warta TNI

Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:03 WIB

Ekspedisi Merah Putih Satgas TNI 301/PKS Bersama Pelajar Dan Masyarakat Puncak Jaya

SRIWIJAYADAILY.CO.ID, Puncak Jaya – Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS menggelar ekspedisi Patroli Merah Putih menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 tanggal 17 Agustus tahun 2022 bersama pelajar Se Distrik ILU untuk mengibarkan bendera Merah Putih di Kp. Dolinggame Distrik ILU Kab. Puncak Jaya, Papua, Selasa (09/08/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dengan mengikut sertakan peserta ekspedisi sejumlah 77 orang mulai dari TNI (Koramil 1714-02), Polri (Polsek Ilu), Puskesmas Ilu, SMU Negeri 1 Ilu, SMP Negeri 1 Ilu, SD Inpres 1 Ilu dan SD YPPGI Ilu serta masyarakat Kampung Dolinggame untuk menanamkan nilai-nilai Patriotisme, mengenang sejarah dan jasa-jasa para Pahlawan dengan mengibarkan Bendera Merah Putih.

Baca :  Babinsa Koramil Pasar Bantu Pengamanan Warga yang Berziarah ke Makam Sambut Ramadhan

Dalam keterangannya, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS menegaskan, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pelajar dan masyarakat yang turut serta dalam ekspedisi, bahwa keindahan hidup itu bukan terletak pada puncak sebuah tujuan melainkan ketika kita berjuang untuk mewujudkan tujuan tersebut.

“Ekspedisi pengibaran Bendera Merah Putih ini dilaksanakan dengan melintasi alam yang sangat menantang karena letaknya berada di rangkaian ketinggian pegunungan Dolinggame. Dihadapkan juga dengan medan alam berupa lereng pegunungan sangat curam dan tanjakan sangat terjal serta jembatan gantung yang sudah lapuk dimakan usia diatas aliran sungai yang sangat deras,” jelas Dansatgas.

Baca :  Kodam II/Sriwijaya Gelar Sholat Idul Fitri di Lapangan Makodam II/Swj

Seluruh peserta ekspedisi tampak semangat dan antusias dan tidak seorangpun surut dalam menghadapi medan yang menantang tersebut.

Dan akhirnya seluruh peserta tiba di Kampung Dolinggame dengan penuh rasa suka cita dan kebanggaan.

Selain melaksanakan kegiatan ekspedisi pengibaran Bendera Merah Putih yang dikibarkan di honai-honai, rumah, Gereja dan Sekolah, para peserta sekaligus juga melaksanakan Baksos pengobatan door to door atau rumah ke rumah warga kepada masyarakat sekitar Kampung Dolinggame dan ditutup dengan kegiatan makan bersama di Pos Ramil Ilu (Kout).

Baca :  Memasuki Awal Ramadhan, Babinsa Koramil 12/Pasar Pantau Perkembangan Harga Sembako di Pasar

Salah satu tokoh masyarakat Distrik Ilu (Kepala Suku) Bapak Matius Kogoya menyampaikan rasa bangga serta ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS yang sudah menggagas kegiatan tersebut.

“Baru kali ini ada aparat TNI Polri yang datang ke kampung saya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih. Kegiatan ini sangat baik untuk menumbuhkan jiwa kebangsaan yang tinggi dalam diri pelajar dan masyarakat,’’ ungkapnya. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kodim 0415/Jambi Dukung Gerakan Lingkungan The Rising Tide – A Resonance 2023

Warta TNI

Jaga Sinergitas, Danrem 043/Gatam Olahraga Bersama TNI – Polri

Warta TNI

Presiden RI Saksikan F1H2O Powerboat Danau Toba 2023

Warta TNI

Bentuk Mental Prajurit Yang Tangguh, Ajendam Terima Bintal Dari Bintaljarahdam II/Swj

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Berharap Danramil Jajaran Mampu Berperan Sebagai Bapak Asuh Anak Stunting

Warta TNI

Menerima Anugerah Anggota Kehormatan LAM Jambi, Begini Tanggapan Pangdam II/Swj

Warta TNI

Prada M. Sohid Prajurit Brigif 8/GC Raih Medali Perak Tinju Amatir Se-Sumatera Piala Pangdam I/Bukit Barisan

Warta TNI

Etape Pertama Tall Ship Race Selesai, KRI Bima Suci Tetap Menjadi Peserta Spektakuler