Budi Setiawan Bakal Gelar Nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Media Center, Terbuka untuk Umum Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Home / Warta TNI

Rabu, 4 Januari 2023 - 14:53 WIB

On Task Perdana, Aksi Heroik Satgas MTF XXVIII-N/UNIFIL Evakuasi Korban Kapal Tenggelam Di Laut Mediterania

On Task Perdana, Aksi Heroik Satgas MTF XXVIII-N/UNIFIL Evakuasi Korban Kapal Tenggelam Di Laut Mediterania

On Task Perdana, Aksi Heroik Satgas MTF XXVIII-N/UNIFIL Evakuasi Korban Kapal Tenggelam Di Laut Mediterania

SRIWIJAYADAILY, Jakarta – KRI Frans Kaisiepo-368 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-N/United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) saat melaksanakan on task perdananya langsung mendapat kepercayaan dari MTF Commander sebagai On Scene Coordinator dan Tactical Controller pada operasi SAR. Hal ini menindaklanjuti distress signal dan laporan dari LAF Navy perihal adanya kapal pengungsi yang tenggelam pada 40 NM lepas pantai Tripoli, Laut Mediterania.
Sabtu (31/12/2022).

Komandan KRI Frans Kaisiepo-368 selaku Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh beserta prajurit yang tengah berada di Area of Maritime Operation bergegas menuju lokasi tenggelamnya kapal. Saat pertama kali diidentifikasi, sepertiga badan kapal Yacht yang dimuati 200 pengungsi Syria tersebut sudah tenggelam.

Baca :  Hadiri Peresmian Pasar Mambo, Kasdim 0417/Kerinci : Semoga Warga Bisa Nikmati Kuliner Buka Puasa

Dengan sigap, KRI Frans Kaisiepo-368 melaksanakan peran MOB (Man Over Board) dan menurunkan kedua sekoci untuk mengevakuasi korban. KRI Frans Kaisiepo-368 juga mengendalikan Kapal Perang Yunani, HS Spetsai-F 453, dua patrol boat dan satu RHIB LAF Navy, serta satu small boat ICRC. KRI Frans Kaisiepo-368 berhasil mengevakuasi korban selamat sebanyak 96 orang yang terdiri dari 18 pria, 21 wanita, dan 57 anak-anak termasuk di dalamnya bayi yang masih berusia 29 hari. Korban meninggal 2 orang terdiri dari 1 wanita berusia 60 tahun dan 1 anak perempuan berusia 5 tahun. Seluruh korban selanjutnya dievakuasi menuju Tripoli, Lebanon untuk penanganan lanjutan oleh UNHCR.

Baca :  Wujudkan Impian Masyarakat, Satgas TMMD Kodim 0426/TB Bangunkan Jembatan

Dalam kesempatan tersebut Letkol Laut (P) John David menyampaikan bahwa peristiwa ini merupakan misi kemanusiaan yang harus menjadi prioritas dan ditangani secara tuntas. “Kita harus laksanakan tugas ini dengan optimal untuk meminimalisir korban meninggal, beri rasa aman dan nyaman serta sikap humanis selama mereka on board untuk menghilangkan trauma”, ujarnya.

Baca :  Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024

MTF Commander, Rear Admiral Michael Busse dari Jerman memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan operasi tersebut.”Regarding first day on task especially for KRI Frans Kaisiepo a very tough proof. Solve the distress of the refugee boat. Many souls have been rescued and arrive safely to medical treatment in Tripoli. It showed the fruits of our partnership and readiness. I hope all of you will have promising start in the new year 2023. Great job, Well done”, tegas MTF Commander. (Puspen TNI).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kodam II/Sriwijaya Gelar Karya Bakti Hingga Pengobatan Gratis

Warta TNI

Kasiter Korem Gapo Hadiri Musyawarah Daerah ke IX PD VI FKPPI Sumsel

Warta TNI

Wakili Kasad, Danrem 044/Gapo Hadiri Pembukaan FASI ke XI Tingkat Nasional TA 2022

Warta TNI

Danramil Tigi Sosialisasikan Rekrutmen Calon Prajurit TNI-AD

Warta TNI

Antisipasi Tradisi yang Tidak Baik di Satuan, Kasbrigif 8/GC Lakukan Inspeksi Mendadak

Warta TNI

Pasiterdim 0415/Jambi Hadiri Festival Candi Muaro Jambi (FCMJ) 2023

Warta TNI

Warga Desa Talang Silungko Bersama Satgas TMMD Bahu Membahu Cor Atap MCK Musholla

Warta TNI

Indahnya Berbagi, Satgas TNI 711/RKS Salurkan Zakat Fitrah