Mantan Bupati Usman Ermulan Memuji Langkah Budi Setiawan Maju Sebagai Wali Kota Jambi 2024 Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 15/Cailendra Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa-siswi SMK Ingatkan Peran Dansat, Kasad : Jangan Jadi Dansat Hanya Fotonya Saja! Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Ajak Murid Sekolah Wujudkan Mimpi Dan Cita-Cita Satgas Yonif 122/TS Percepat Pembangunan Gereja di Daerah Perbatasan Bersama Warga 

Home / Warta TNI

Minggu, 8 Januari 2023 - 14:25 WIB

Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton Untuk Kasad

SRIWIJAYADAILY, KENDARI – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Buton “Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara” serta dinobatkan secara resmi menjadi kerabat dan sesepuh dalam daerah Eks Kesultanan Buton.

Penganugerahan gelar tersebut diberikan oleh Lembaga Adat Kesultanan Buton dalam acara silaturahmi Kasad dengan Forkopimda dan masyarakat Sulawesi Tenggara di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Tenggara di Kota Kendari. Sabtu, (7/1/2023).

Baca :  Amankan Kunker Presiden RI, 183 Personel Kodim 0415/Jambi Diberangkatkan ke Wilayah Kabupaten Bungo dan Tebo

Prosesi penganugerahan gelar kehormatan adat ini, diawali dengan pemasangan baju dan pemberian tongkat adat Buton kepada Kasad oleh perangkat Kesultanan Buton.

Perwakilan Kesultanan Buton Laode Muhammad Arsal menjelaskan bahwa gelar Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara mengandung makna bahwa Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman merupakan sosok pemimpin yang sangat kuat dan berpengaruh, penuh wibawa, memiliki integritas yang tinggi dalam membina dan membangun solidaritas para prajurit.

Baca :  Yonif 144/JY Melaksanakan Rikkes Guna Kesiapan Personel Satgas Pamtas RI-PNG TA. 2024

“Serta seorang pemimpin yang mampu bertindak cepat dan tegas untuk menghadapi ancaman dan gangguan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah daratan Indonesia,” lanjutnya.

Baca :  Korem 081/DSJ Terjunkan Ratusan Personel Amankan Arus Balik Lebaran

Usai dianugerahi gelar kehormatan ada tersebut, Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sultan Buton dan seluruh perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton atas kepercayaan yang luar biasa kepada dirinya untuk menyandang gelar Kapitaraja Kawasa Yi Nusantara tersebut. (Dispenad)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Wujud Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat, Babinsa Bantu Warga Bangun Rumah

Warta TNI

Menjemput Berkah Bulan Ramadan, Koramil 415-10/Jambi Selatan Bagikan Takjil Gratis

Warta TNI

Pasiterdim 0415/Jambi : Api Unggun Simbol Semangat Pramuka

Warta TNI

Akhirnya Warga Sukamulya Bisa Rasakan Segarnya Air Bersih

Warta TNI

Kodam Cenderawasih Raih Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik

Warta TNI

Siaga Bencana, Kodim 0408/Bs Dan Polres Kaur Gelar Apel Kesiapsiagaan

Warta TNI

Korem 045/Gaya Melaksanakan Sosialisasi Bidang Wanwil TA 2022

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Koramil Geragai