Budi Setiawan Bakal Gelar Nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Media Center, Terbuka untuk Umum Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Home / Warta TNI

Rabu, 29 Maret 2023 - 13:11 WIB

Cegah DBD, Prajurit Kodim Bute Mengikuti Penyuluhan Kesehatan dari Tim Polkes

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Prajurit Kodim 0416/Bute menerima penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat terkait maraknya penyakit Demam Berdarah (DBD) di musim penghujan yang digelar di Aula Makodim 0416/Bute Jl. Perwira No. 1 Kelurahan Bungo Barat Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo, Rabu (29/03/2023).

Kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Tim Polkes 02.10.11 Bute dengan tujuan menciptakan kewaspadaan dan kepedulian terhadap lingkungan agar tetap bersih sehingga terhindar dari penyakit Demam Berdarah (DBD) yang diikuti oleh seluruh prajurit TNI dan PNS Kodim 0416/Bute.

Dalam penyuluhan tersebut menghadirkan pembicara kesehatan masalah penyakit Demam Berdarah (DBD) oleh dr. Reza Nofrialdi Terkait tentang Demam Berdarah Dengue (DBD).

Baca :  Pangdam Cenderawasih Bersama Mentan RI Tinjau Pompanisasi Di Tanah Miring

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Evid Nirwan E, S.H., M.Si yang diwakili Pasipers Kapten Ckm Muhammad Anas saat membuka kegiatan penyuluhan Demam Berdarah (DBD) menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim Polkes 02.10.11 Bute yang telah bersedia memberikan penyuluhan kesehatan yang sangat bermanfaat bagi seluruh prajurit TNI dan PNS Kodim 0416/Bute.

“Penyuluhan ini sangat Lah penting dengan tujuan agar dapat menjaga dari pribadi maupun bagi lingkungan keluarga dan masyarakat luas,” tegasnya.

Sementara itu, dr. Reza Nofrialdi memaparkan jika DBD merupakan penyakit tropis yang masih tinggi angka kejadiannya di dalam negeri, DBD masih menjadi ancaman yang cukup tinggi.

Baca :  Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Kodim 0432/Basel Bantu Rawat tanaman Petani Cabai

“Nyamuk Aydes Aegypti menjadi penyebab terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue. Nyamuk ini tergolong “eksklusif” dan sangat cepat penyebarannya seiring memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi dan terkadang cuaca yang tak menentu,” jelasnya.

Gejala yang timbul jika terpapar penyakit ini adalah seperti demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, tidak selera makan serta timbul bintik-bintik merah pada beberapa bagian tubuh. Jika hal ini terus berlanjut dan tidak diobati maka kerusakan dapat terjadi sampai ke pembuluh darah, pendarahan di gusi, hidung atau di bawah kulit. Jenis gejala ini bisa berlanjut hingga dapat menyebabkan kematian.

Baca :  Lestarikan Alam, 4.557 Pramuka Saka Wira Kartika Ikuti Perkemahan Kodam II/Swj

Cara pengobatan yang dilakukan adalah dengan mengkonsumsi cairan yang banyak, mengkonsumsi obat pereda demam, makan makanan yang sehat, serta istirahat yang cukup. Untuk kasus yang parah, diharuskan untuk dirawat inap di puskesmas atau rumah sakit,” jelas dr. Reza Nofrialdi yang memberikan penyuluhan.

Dalam penyuluhan ini juga dijelaskan tips atau cara pencegahan DBD yaitu dengan selalu mengenakan baju dan celana panjang, mengoleskan lotion anti nyamuk, tidur dalam kelambu serta membersihkan genangan air disekitar rumah. (**)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Satgas Yonif 412 Kostrad Turut Cerdaskan Anak Bangsa

Warta TNI

Babinsa Jalin Komunikasi Bersama Tokoh Adat di Desa Binaan

Warta TNI

Kodim 0421/LS Melaksanakan Kegiatan Karbak TNI Bersihkan Aliran Sungai Dari Tumpukan Sampah

Warta TNI

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Pengamanan Venue G20 Di Mangrove Tahura dan GWK Cultur Park

Warta TNI

Danrem 041/Gamas Bersama Insan Pers Dan Forkopimda Saksikan Kasad Award Secara Live

Warta TNI

Ciptakan Lingkungan Bersih, Babinsa Bersama Warga Kampung Skouw Mabo Laksanakan Karya Bhakti

Warta TNI

Kunjungi Mayonif 200/BN, Irdam II/Swj Cek Barak Remaja

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Pantau Langsung Pelaksanaan Tes Kesehatan Calon Perwira PK TNI 2022