KRI Diponegoro-365 Laksanakan Latihan Bersama Dengan LAF-Air Force Panglima TNI Kunjungi Special Air Service Regiment (SASR) Langkah Budi Setiawan Kian Mantap Menatap Pilwako Jambi 2024 Ini Alasan Danrem 081/DSJ Tanam Padi Dini Hari Pangdam II/Swj : Bekerja Profesional dan Jangan Persulit Anggota

Home / Warta TNI

Minggu, 11 Juni 2023 - 13:42 WIB

Pasiterdim 0415/Jambi : Api Unggun Simbol Semangat Pramuka

Jambi, sriwijayadaily.co.id – Setiap momen pada acara perkemahan salah satu kegiatan yang paling dinantikan oleh setiap peserta perkemahan adalah kegiatan api unggun.

Tanpa adanya kegiatan api unggun, dalam kegiatan perkemahan serasa bagaikan sayur tanpa garam.

Begitu pula dengan peserta kegiatan Pembinaan Pramuka dan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0415/Jambi melakukan kegiatan prosesi penyalaan api unggun.

Baca :  TMMD Bentuk Pengabdian TNI Untuk Negeri

Kegiatan api unggun ini merupakan bagian dari Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0415/Jambi, yang diselenggarakan di lapangan sepak bola Kodim 0415/Jambi, Sabtu (10/06/23) malam.

Sebanyak 10 orang peserta mulai menyalakan api unggun sambil membawa obor dengan semangat membara sambil membacakan Dasa Dharma Pramuka secara bergantian.

Dalam kesempatan itu sesepuh upacara (Pembina upacara) Pasiterdim 0415/Jambi Mayor Inf Beni mewakili Kamabi Saka Wira Kartika Kodim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, S.H., M.I.Pol mengatakan, pada malam hari yang cerah ini Kita berkumpul berbentuk lingkaran, bukan untuk menyembah api tetapi api ini sebagai lambang semangat jiwa kita”, ujar Beni.

Baca :  Klarifikasi TNI AD Terkait Cuitan Hoax Video Iring-Iringan Ranpur TNI di Jalan Raya

Kegiatan api unggun dilaksanakan pada malam terakhir berkemah, dimana sebagian peserta ada yang merasa lelah, letih, ingin pulang cepat, jenuh dan lain sebagainya disinilah api unggun adalah solusi meningkatkan rasa semangat kembali.

Baca :  Syukuran HUT Ke-78 Persit KCK, Pangdam Ingatkan Peran Istri Prajurit

Karena api unggun melambangkan kobaran semangat yang membara seakan tidak boleh padam, begitu pula kepada peserta Pramuka semangat jangan sampai padam, itulah sebabnya di adakan penyulutan api unggun, ujar Beni (Pendim0415)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Perintah Kasad Jangan Ragu Untuk Bertindak Tegas

Warta TNI

Prajurit Dan PNS Kodim 0419/Tanjab Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Th 1443 H

Warta TNI

Korem 081/DSJ Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di SMAN 1 Mejayan

Warta TNI

Warga Ini Rela Hibahkan Tanahnya Untuk Pembangunan Jalan Desa Program TMMD

Warta TNI

Panglima TNI Naikkan Status Operasi Siaga Tempur Hadapi KST Papua

Warta TNI

Kejutan Kodim 0402/OKI Di HUT Bhayangkara Ke-77

Warta TNI

Salurkan BTPKLW Di Muarojambi, Dandim 0415/Jambi Berpesan Agar Penerima Bantuan Manfaatkan Untuk Hal Produktif

Warta TNI

TNI AL Berhasil Evakuasi Korban Hanyut di Perairan Pulau Bunyu