Tingkatkan Disiplin, Babinsa Berikan Pelatihan Linmas Karya Bakti Dalam Rangka HUT Kodam Cenderawasih Ke-61 Tahun 2024 Satgas TMMD 120 Kodim Muara Enim Gelar Penyuluhan Kesehatan Pangdivif 2 Kostrad Ingatkan Prajurit Putra Yudha Jangan Disia-siakan Waktu Untuk Ibadah 2 Anggota Satgas Yonif 122/TS Jadi Saksi Proses Hukum 4 WNA Asal Papua Nugini Pelanggar Batas Negara Indonesia

Home / Warta TNI

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:32 WIB

Kasrem 042/Gapu Minta Semua Unsur Peduli dan Berkontribusi Terhadap Bencana Karhutla

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Komandan Korem 042/Gapu melalui Kasrem Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M., minta seluruh elemen terkait harus terus meningkatkan kemampuan dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, mengembangkan kemampuan sumber daya manusia agar semakin hari semakin berkembang, sehingga dapat menjadi kekuatan yang berharga bagi pemerintahan.

Hal tersebut dikatakan Kasrem 042/Gapu saat sebagai Narasumber pada Pertemuan Multipihak RAN KSB tentang penerapan kewajiban perusahaan untuk fasilitas pembangunan kebun masyarakat dan akselerasi ISPO untuk pekebun Jambi, bertempat Aula Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Rabu (21/6/2023) pagi.

“Kita juga harus meningkatkan koordinasi antara pemerintahan dan masyarakat maupun Perusahaan Perkebunan, agar langkah kita untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Baca :  Koperasi Primkoppabri Kota Jambi Gelar RAT, Ini Pesan Ketua DPD Pepabri Propinsi Jambi

Kasrem juga mengatakan langkah-langkah dan kegiatan yang telah dilakukan selama ini menunjukkan sinergitas antar fungsi dan lembaga dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla di wilayah Provinsi Jambi dengan sangat baik.

“Menurut BMKG pada 2023 ini iklim akan cenderung lebih kering dan panas dari tahun sebelumnya. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi kesiapsiagaan pencegahan terjadinya Karhutla khususnya di Provinsi Jambi, ungkapnya.

Kasrem juga mengatakan langkah-langkah dan kegiatan yang telah dilakukan selama ini menunjukkan sinergitas antar fungsi dan lembaga dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla di wilayah Provinsi Jambi dengan sangat baik.

“Pentingnya keterpaduan langkah, tindakan dan kerja sama antar sektor perlu ditingkatkan dan selalu berpegang teguh prinsip membangun tanpa merusak , membakar hutan dan lahan, demi generasi yang akan datang,” katanya.

Baca :  Bersama Pj Bupati dan Forkopimda, Pabung Muaro Jambi Mengikuti Kegiatan Safari Ramadhan

Ia juga mengajak untuk menemukan langkah selaras untuk kelestarian sumber daya alam dengan menghindari perbuatan yang merusak lingkungan.

“Marilah kita menemukan langkah dan gerak kita agar tetap selaras dengan kelestarian sumber daya alam kita, dengan menghindari perbuatan yang merusak lingkungan,” tambah Kasrem.

Kasrem berharap dengan kesadaran yang makin tinggi di kalangan aparat pemerintahan dan masyarakat dalam mengelola lingkungan hidup, di masa yang akan datang tidak ada lagi kejadian-kejadian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Sementara Kasiops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto mengimbau segenap masyarakat Provinsi Jambi agar turut serta dalam upaya menjaga serta mencegah pembakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing.

Baca :  Safari Ramadhan Pabung Muaro Jambi Di Desa Tanjung Sari

“Mari kita jaga alam ini tetap lestari dan indah, dengan menghindari serta mencegah pembakaran hutan, jangan membuka lahan dengan cara membakar, ini sangat berbahaya,” ucapnya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Direktur SUPD-1, Ditjen Bina Bangda, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dr Rusman Heriawan, Penasihat Forum RAN KSB dan Tim SPOI-UNDP.

Selain itu juga hadir Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ketua GAPKI Jambi, Tim Disbun Provinsi Jambi dan Seluruh Kadis Se-Kabupaten Provinsi Jambi serta dari pihak Perusahaan Perkebunan se Provinsi Jambi. (F1R)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Menumbing 2022 Di Mapolda Babel

Warta TNI

Dandim 1710/Mimika Tinjau Lokasi Sasaran TMMD Ke-114 Di Distrik Mimika Barat

Warta TNI

Kodim 0402/OKI Raih Juara I Lomba Karya Jurnalistik TMMD Ke-115

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Dan Ketua Persit KCK Daerah II/Sriwijaya Ikuti Webinar Revitalisasi Posyandu Bersama Kasad Secara Virtual

Warta TNI

Pabung Muaro Jambi Hadiri Rapurna DPRD Tentang Penyampaian LKPJ Pj Bupati Muaro Jambi

Warta TNI

Bantu Mengajar, Satgas Yonif 751 Disambut Gembira Murid SD

Warta TNI

Kasad Tinjau TNI AD Manunggal Air di Pemukiman Eks Timor Timur

Warta TNI

Kodim 0421/LS Gelar Jumat Berkah Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Kurang Mampu