Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI M. Naudi Nurdika Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sumsel Wakasad Terima Laporan Kenaikan Pangkat 46 Pati TNI AD, Salah Satunya Mayjen Kowad Pertama Tanpa Kenal Lelah, TNI dan Warga Bersihkan Material Longsor di Badan Jalan Merangin-Kerinci Satgas TMMD 120 Kodim 0404/ME Gelar Penyuluhan Pemanfaatan Toga Danrem 081/DSJ : Penari yang Baik Adalah Penari yang Tahu Irama Gendang

Home / Warta TNI

Sabtu, 2 September 2023 - 07:19 WIB

Dandim 0415/Jambi Dampingi Danrem 042/Gapu Turun langsung Tinjau Karhutla di Muaro Jambi

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Dandim 0415/Jambi Letkol Arm Eko Pristiono, S.H., M.I.Pol., mendampingi Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.I.P., M.M., turun langsung ke lokasi Karhutla yang terjadi di Desa Ramin Kec. Kumpe Ulu Kab. Muaro Jambi, Kamis (31/08/2023) lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab Danrem 042/Gapu selaku Pelaksana Harian (Plh) Dansatgas Karhutla Provinsi Jambi, sehubungan dengan adanya kebakaran lahan kebun sawit diareal lahan gambut milik warga Desa Ramin.

Baca :  Serda Pudja, Kowad Kodam II/Swj Harumkan TNI AD di Kapolri Cup 2024

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa kebakaran hutan dan lahan dapat mengakibatkan berbagai dampak negatif yang luar biasa, seperti kerusakan ekologis, perubahan iklim serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas transportasi darat, laut dan udara.

Pemadaman titik api yang muncul menghabiskan sekita 10 Ha lahan gambut tersebut berhasil dipadamkan berkat kolaborasi personil penanggulangan Karhutla dari unsur TNI, Polri, BPBD Muaro Jambi, Manggala Agni, karyawan PT. FPIL, karyawan PT. EWF dan masyarakat Desa Ramin.

Baca :  Kunjungi Warga Terdampak Gempa, Dandim 0408/BS-K Berikan Bantuan

Pada kesempatan tersebut, Baik Danrem 042/Gapu maupun Dandim 0415/Jambi menghimbau dan mengajak masyarakat terutama warga yang berdomisili disekitar hutan dan lahan agar dalam mengelola lahan kebunnya untuk tidak melakukan aktivitas bakar membakar.

Untuk meminimalisir kejadian serupa terulang, Dandim dengan tegas akan mengkoordinasikan dan meningkatkan pengawasan baik melalui upaya edukasi maupun melalui patroli.

Baca :  Kasad : Dansat Harus Berinovasi Untuk Kemajuan Satuan

Dandim juga meminta kepada seluruh stakeholder pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat untuk aktif membantu pelaksanaan tugas satgas penanggulangan Bencana kekeringan, Kebakaran hutan dan lahan.

“Saya ajak seluruh lapisan masyarakat terutama pemangku kepentingan untuk dapatnya secara aktif membantu tugas-tugas Satgas Karhutla, sehingga kerugian dan dampak yang sangat mengerikan dapat diminimalisir dan dihindari.” jelas Dandim. (RED)

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kasad Terima Kunjungan Presiden Badan Industri Pertahanan Turki

Warta TNI

Kasad : Media Adalah Modal Penting Mencari Solusi Permasalahan Bangsa

Warta TNI

Babinsa Koramil 05/Sengeti Dampingi Program ‘Jemput Bola’ dari Dukcapil Muaro Jambi Di Wilayah Binaan

Warta TNI

Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Serah Terima Jabatan Irdam II/Swj Dan Dua Danrem

Warta TNI

Danrem 045/Garuda Jaya Tabur Benih Ikan di Makodim Bangka

Warta TNI

Korem 081/DSJ Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Warta TNI

Tingkatkan Hasil Pertanian, Babinsa Dampingi Petani Tanam Jagung Di Biak Numfor

Warta TNI

Danrem 042/Gapu : Jadikan Momentum Hari Pahlawan Untuk Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa