TOB Berberati Kembali Mendapat Apresiasi Dari Tim COE Sinyal PAN Bersama Gerindra di Pilgub Jambi 2024, Zulhas Titip Al Haris ke Prabowo 172 Pasukan Penjaga Perdamaian Dunia KIZI TNI Kontingen Garuda XX-T Monusco Tiba Di Indonesia Wakasad : Tugas Prajurit Adalah Menciptakan Kedamaian dan Rasa Aman KRI Diponegoro-365 Laksanakan Latihan Bersama Dengan LAF-Air Force

Home / Warta TNI

Kamis, 28 September 2023 - 21:17 WIB

Pastikan Kesiapan Tempur Satuan Arhanud, Kasad Tinjau Latihan Menembak Senjata Berat

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Untuk memastikan kesiapan tempur satuan Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Darat atau Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, meninjau Latihan Menembak Senjata Berat Artileri Pertahanan Udara atau Latbakjatrat Arhanud terintegrasi, yang digelar Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara atau Pussenarhanud di Daerah Latihan AWR TNI AU Pandanwangi, Kab. Lumajang, Jawa Timur, Kamis (28/9/2023).

Kasad menegaskan, latihan semacam ini penting untuk meningkatkan kemampuan tempur dan kesiapan pasukan dalam menghadapi berbagai ancaman di wilayah Indonesia dan menjaga kedaulatan negara. Kasad juga menekankan agar kemampuan mengawaki alutsista terus ditingkatkan melalui latihan yang berkesinambungan.

Baca :  Datangi Rumah Warga, Babinsa Koramil Pasar Berbagi Takjil Berbuka Puasa

“Saya merasa bangga, prajurit-prajurit Arhanud mampu melaksanakan latihan senjata berat secara terintegrasi. Ke depan, akan terus dikomunikasikan kepada Menhan terkait modernisasi alutsista, terutama meriam-meriam TNI AD, agar dapat berkembang sesuai ancaman yang dihadapi saat ini,” ujar Kasad seraya berharap latihan ini dapat memberikan hasil positif bagi upaya kontinyu untuk meningkatkan kemampuan tempur Angkatan Darat.

Baca :  Pangdam II/Sriwijaya Resmikan Kantor Denpom II/5 Bangka dan Denzibang 5/II Bangka

Latbak Jatrat integrasi ini melatih sekaligus menguji kemampuan sistem senjata dan komando pengendalian Arhanud.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain penembakan sasaran udara bergerak serta sasaran darat statis dengan menggunakan Alutsista Rudal Mistral, Rudal Starstreak, Meriam 57mm, Meriam 40mm, Meriam 23mm dan Meriam 20mm. Latihan ini melibatkan 158 orang penyelenggara dan 372 orang peserta latihan dari satuan-satuan Arhanud Angkatan Darat.

Baca :  Pimpin Upacara Bendera 17-an, Danrem 042/Gapu Bacakan Amanat Panglima TNI

Pada kesempatan tersebut, Kasad juga melakukan penembakan kehormatan dan menerima penyematan Brevet Master Gunner dan Baret Coklat oleh Danpussenarhanud, Mayjen TNI Johanis Payung S.E., M.Tr (Han).

Sebelum meninjau Latbakjatrat Arhanud, Kasad terlebih dahulu meninjau kegiatan bakti sosial berupa pengobatan massal, pemberian bantuan kepada masyarakat di sekitar daerah latihan, bantuan bagi anak stunting, dan memberikan bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk renovasi pembangunan Masjid.

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Lantik 1.025 Perwira, Kasad : Jadilah Perwira Berkarakter, Berintegritas, Kreatif, Inovatif dan Bermoral Baik

Warta TNI

Dispenad Gelar Workshop Menulis Di Kodam II/Sriwijaya

Warta TNI

Jumlah Masyarakat Kembali ke Yigi Semakin Bertambah, Ini Pesan Danrem 172/PWY

Warta TNI

Kunjungan Kerja ke Koramil, Ini Pesan Dandim 0415/Jambi

Warta TNI

Kodam IV/Diponegoro, BNPB dan Forkopimda Kompak Bantu Korban Banjir Jepara

Warta TNI

Danrem 045/Gaya Dan Kapolda Pimpin Gelar Pasukan PAM VVIP Kunjungan Wapres RI

Warta TNI

Danrem 042/Gapu Uji Coba Drone Untuk Satgas Pamtas Yonif R 142

Warta TNI

Satgas TMMD Ke-113 Kodim 1707/Mrk Buat Kebun Percontohan Untuk Masyarakat Mappi