Budi Setiawan Bakal Gelar Nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Media Center, Terbuka untuk Umum Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan

Home / Warta TNI

Rabu, 23 Februari 2022 - 08:58 WIB

Satgas 711 Susuri Hutan Papua Selama Dua Hari Untuk Pastikan Patok Batas

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Muara Tami di pimpin Lettu Inf Richi Wahyu Prakoso saat di patok batas MM.2.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Muara Tami di pimpin Lettu Inf Richi Wahyu Prakoso saat di patok batas MM.2.

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – TNI memiliki tugas dan fungsi yang dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas dan fungsi TNI dalam pertahanan dan keamanan negara, kita mengenal Operasi Militer Selain Perang yang merupakan tugas-tugas TNI melalui pelibatan pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI di luar Operasi Militer untuk Perang, diantaranya adalah Operasi dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan.

Begitu pula yang dilaksanakan oleh Yonif 711/Rks selaku Satuan TNI AD yang mendapat tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini.

Baca :  PM Japan Lantik 3 Perwira Remaja TNI Lulusan NDA

Dalam hal ini Yonif 711/Rks selaku Satgas Pamtas RI-PNG melaksanakan Patroli Patok MM.2 yang menjadi tanggung jawab Satgas khususnya Pos Satgas di Muaratami dalam menjaga kedaulatan Batas Negara Indonesia dengan PNG.

“Patroli patok perbatasan negara merupakan salah satu tugas pokok bagi satuan tugas pengamanan perbatasan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI”, ungkap Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/2/2022) lalu.

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Muara Tami dengan kekuatan 1 Tim yang dipimpin oleh Komandan Pos Lettu Inf Richi Wahyu Prakoso dan didampingi Perwira Topografi Lettu Ctp Burhanuddin Azis dan Batih Sertu Faisal pasukan berangkat menuju patok MM.2.

Baca :  Bangun Kemitraan Masa Depan, Pendam II/Swj Jalan Kaki Kunjungi BRI Palembang

“Setelah melaksanakan apel pagi pasukan langsung mempersiapkan diri dan berangkat dari pos Muaratami dengan menyusuri hutan yang cukup lebat dan jalan yang tidak rata, namun itu semua bukan menjadi penghalang bagi personel untuk melaksanakan tugas,” jelas Lettu Inf Richi.

Dengan hati-hati menyusuri hutan dengan tetap memperhatikan faktor keamanan terlebih lagi mengantisipasi ancaman dari kelompok kriminal bersenjata dan juga binatang buas yang ada dihutan Papua.

Setelah menempuh perjalanan jauh dan menguras tenaga serta ditempuh selama kurang lebih 2 hari maka tepat pada pukul 10.00 Wit tim sampai di patok MM.2 dengan aman, selanjutnya tim melaksanakan pengecekan patok dan merekamnya di GPS.

Baca :  Peringati HUT Ke-78, Persit Korem 042 Gelar Donor Darah

Setelah mendapatkan koordinat selanjutnya tim melaksanakan  pembersihan disekitar patok yang sudah ditumbuhi oleh rumput-rumput yang cukup tinggi.

Danpos Lettu Inf Richi Wahyu Prakoso mengungkapkan, kami bersyukur bisa menemukan dan sampai ke Patok perbatasan MM.2.

“Kami tempuh selama kurang lebih 2 hari dengan jarak 13 KM dengan kondisi medan lereng gunung dan sungai, namun itu tidak menjadi hambatan bagi kami, jarak yang jauh dan medan yang berat itu semua kami tempuh demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (Pendam XVII/Cenderawasih).

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Danrem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo Lakukan Pengecekan Pos-Pos Pamtas Wilhanrat RI-PNG

Warta TNI

Program Geber Berkah Dandim Bangka Adakan Serbuan Di Taman Sari

Warta TNI

Satgas Yonif RK 115/ML Amankan Perbaikan Jalan Longsor Di Distrik Yambi

Warta TNI

Satgas Yonif Raider 200/BN Hadir Dan Bantu Pelaksanaan Acara PW GKI Klasis Se-Yalimo

Warta TNI

Patroli Kasih Satgas TNI 301/PKS Pos Ramil Kalisemen

Warta TNI

Semarak HUT Ke-77 TNI Di Kota Jayapura Dimeriahkan Atraksi Paralayang Dan Syukuran

Warta TNI

Panglima TNI Buka Pendidikan Reguler LI Sesko TNI TA 2023

Warta TNI

Korem 042/Gapu Gelar Sholat Idul Adha 1443 H Dan Penyembelihan Hewan Kurban