Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan Kodim 0416/Bute Gelar Latihan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir Ciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat, Anggota Kodim 0416/Bute Laksanakan Pembersihan Pangkalan

Home / Nasional

Jumat, 11 Maret 2022 - 06:40 WIB

Bambang Susantono Resmi Jabat Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara

Foto: Bambang Susantono dan Donny Rahajoe saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala dan Wakil Otorita IKN. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Foto: Bambang Susantono dan Donny Rahajoe saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala dan Wakil Otorita IKN. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Nusantara di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

Jokowi melantik Bambang Susantono sebagai kepala Otorita IKN, sementara Dhony Rahajoe didapuk sebagai wakilnya. Jabatan tersebut akan diemban hingga 2027 mendatang.

Pelantikan kedua pejabat itu berdasarkan terbitnya surat Keputusan Presiden (Keppres) 9/M/2022 tentang Pengangkatan Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara

Merujuk pada Pasal 1 angka 10 Undang-Undang (UU) 3/2022 tentang Ibu Kota Negara, kepala Otorita IKN adalah kepala pemerintah daerah khusus Ibu Kota Nusantara.

Otorita IKN sendiri adalah pelaksana kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara, serta penyelenggara pemerintahan daerah khusus IKN.

Baca :  Kunjungi Kodim Sarko, Pangdam II/Swj Tekankan Netralitas TNI dalam Pemilu 2024

Kepala Otorita IKN berkedudukan setingkat menteri, ditunjuk, diangkat dan diberhentikan oleh presiden setelah melakukan konsultasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Adapun dalam melaksanakan tugasnya, kepala Otorita IKN akan dibantu oleh wakil kepala Otorita.

Merinci lebih jauh dalam Pasal 11 ayat 1 disebutkan bahwa ketentuan mengenai struktur organisasi, tugas, wewenang, dan tata kerja Otorita IKN akan diatur dengan jelas melalui Peraturan Presiden (Perpres).

Namun, dalam UU tersebut dikatakan bahwa Otorita IKN bertanggungjawab dan berhak melaksanakan kegiatan persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN.

Otorita IKN memiliki kewenangan dalam pemberian izin investasi, kemudahan berusaha serta pemberian fasilitas khusus kepada pihak yang mendukung pembiayaan dalam rangka persiapan, pembangunan dan pemindahan IKN, serta pengembangan IKN dan daerah mitra.

Baca :  Kasum TNI Pimpin Sertijab Asrenum dan Aster Panglima TNI

Kewenangan lainnya adalah menetapkan lokasi pengadaan tanah di ibu kota baru dan memberikan persetujuan pengalihan hak atas tanah (HAT) di IKN.

Kepala dan wakil kepala juga dapat diberhentikan sewaktu-waktu oleh presiden sebelum masa jabatannya berakhir.

Bambang Susantono usai dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara periode 2022-2027, mengatakan kepada awak media bahwa ia akan memimpin pembangunan IKN bersama Wakil Kepala IKN Nusantara, Dhony Rahajoe.

“Pada hari ini kami memulai satu kerja baru, membangun kota yang inklusif, kota yang hijau, kota yang cerdas, dan kota yang berkelanjutan,” katanya.

Baca :  Mutasi TNI, Panglima TNI Rotasi Jabatan Danseskoad, Danpuspom TNI Hingga Aspers Kasad

Bambang menyatakan akan langsung bergerak cepat dan berkoordinasi bersama Kementerian/Lembaga terkait untuk segera mengeksekusi perintah Presiden Jokowi dalam membangun IKN di Kalimantan Timur.

“Kami akan menghubungi pihak-pihak, K/L terkait yang selama ini sudah mempersiapkan konsep-konsepnya, salah satunya dengan Bappenas yang sudah sejak 2017 melakukan studi dan K/L lain yang akan meneruskan pembangunan, misalkan PUPR,” tegasnya.

Bersama Dhony, ia berharap masyarakat turut mendukung kepemimpinannya dalam membangun IKN.

“Kami mohon dukungan lapisan masyarakat untuk sama-sama membangun kota nusantara,” ujarnya.**

Share :

Baca Juga

Nasional

Babinsa Arso Jadikan Komsos Untuk Menjaga Kedekatan Dengan Warga Di Wilayah

Nasional

Budi Setiawan Sebut Kehadiran HWSB Jambi Sebagai Wadah Silaturahmi Warga Sumsel Di Perantauan
Foto: ANTARA

Nasional

Miliki Perilaku Baik, Kemenkumham Beri Remisi Khusus Natal 12.641 Narapidana

Nasional

How to Choose the Best Russian Bride Web page

Nasional

Pasangan Baru Ganda Putri Apriyani/Fadia Ukir Emas SEA Games Vietnam

Nasional

KKP Tindak Tegas Kapal Ikan yang Beroperasi Ilegal di Natuna

Nasional

As to why Do Fellas Disappear Out of Online Dating?

Nasional

Forget That Facelift – “Wrap” Your Face into Shape