Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 111/KB Ajak Murid Sekolah Wujudkan Mimpi Dan Cita-Cita Satgas Yonif 122/TS Percepat Pembangunan Gereja di Daerah Perbatasan Bersama Warga  Pasukan TNI Polri Gerak Cepat Lakukan Evakuasi Korban OPM Babinsa Komsos Sembari Berbagi Ilmu Cara Beternak Ayam Peduli Terhadap Masyarakat, Satgas Yonif 721/Makkasau Berikan Bantuan Pakaian Untuk Anak-anak Distrik Kanggime

Home / Nasional

Rabu, 16 Maret 2022 - 23:50 WIB

Direktur IKPM Kominfo: MotoGP Mandalika 2022 Harumkan Indonesia

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Kejuaraan dunia balap motor Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022, diyakini akan mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

Hal tersebut disampaikan Direktur Informasi, Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Septriana Tangkary, dalam acara Media Briefing Media Center Indonesia (MCI) di Hotel Astoria, Kota Mataram, NTB, Rabu (16/3/2022).

Menurut Septriana, MotoGP Mandalika yang akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit itu menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia

“400 juta orang di seluruh dunia akan menyaksikan MotoGP di Mandalika, bagaimana tidak bangga,” tegasnya.

Septriana menyebutkan, MotoGP juga menjadi momentum kebangkitan ekonomi.

Sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kata Septriana, akan dikenal oleh masyarakat internasional.

“Tidak hanya UMKM, namun usaha perhotelan juga mendapar manfaat dari MotoGP,” katanya.

Septriana menambahkan, masyarakat di NTB dapat menyebarkan keramahtamahan kepada para tamu yang menonton MotoGP.

“Keramahtamahan khas Indonesia perlu ditunjukkan ke dunia,” tambahnya

Sebelumnya, Septriana mengatakan MCI dapat membantu kerja jurnalis dalam menyebarluaskan informasi mengenai rangkaian event MotoGP Mandalika 2022.

“MCI sebagai upaya Kominfo ikut mendukung penyelenggaraan MotoGP di NTB, agar terselenggara dengan baik. Fasilitas itu, didedikasikan khusus bagi rekan-rekan jurnalis Indonesia yang tidak terakomodasi akreditasi oleh Dorna Sports selaku promotor MotoGP,” jelasnya.

MCI merupakan hasil kerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku pengelola Sirkuit Mandalika. Lokasinya berada di lapangan parkir utama yang berdekatan dengan paddock Sirkuit Mandalika.

Berdiri di atas lahan seluas 200 meter persegi, MCI akan menjadi fasilitas pendukung bagi para jurnalis peliput MotoGP 2022.

“Para jurnalis yang akan meliput di MCI wajib mendaftarkan diri kepada Kominfo, Sub Bagian Humas Polda NTB dan Dinas Kominfo Statistik Provinsi NTB. Kami akan siapkan kartu peliputan khusus untuk keperluan di MCI itu,” tutur Septriana.

Septriana menyatakan, untuk mendukung kerja jurnalistik para peliput MotoGP Mandalika 2022, MCI dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi 100 Mbps.

“Ada juga fasilitas makan-minum, 20 unit laptop, mesin pencetak (printer), televisi, dan kursi refleksi. Ruangan MCI juga dilengkapi enam mesin pendingin ruang,” tuturnya.

MCI akan beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 Wita, setiap hari selama digelarnya event itu.

“Selama berada di MCI, kami menerapkan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, dan tidak berkerumun dalam jumlah besar. Kami juga mewajibkan rekan-rekan jurnalis untuk mengikuti tes antigen yang kami sediakan di pintu masuk MCI,” ujar Septriana.

Share :

Baca Juga

Nasional

Menkominfo: Melindungi Produk Dalam Negeri Jadi Tantangan Negara

Nasional

Anggota DPR Desak Pemerintah Segera Cabut Wajib Tes PCR Pelaku Transportasi Darat

Nasional

Investasi Industri Pala Verstegen di Fakfak
Foto: Ayundra

Nasional

Bangkitkan Pariwisata Nasional, BNI Dukung Penuh GATF

Nasional

Kabadiklat Kemhan Ingatkan Aspenmil dan Asathan Bertindak Tepat dalam Pergaulan Intersional

Nasional

Ini Ciri-ciri Kena Omicron, Wajib Diwaspadai!

Nasional

Panglima TNI Kunjungi Mabes TNI AL Dan Mabes TNI AU

Nasional

Kejagung Periksa Lima Saksi Kasus Korupsi Pengadaan Pesawat Garuda