Nobar di MC Budi Setiawan Dipadati Penonton dan Dimeriahkan Doorprize Budi Setiawan Bakal Gelar Nobar Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan di Media Center, Terbuka untuk Umum Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel

Home / Warta TNI

Kamis, 31 Maret 2022 - 15:29 WIB

Peringati HUT Ke-58, Dharma Pertiwi Daerah B Gelar Donor Darah

Peringati HUT Ke-58, Dharma Pertiwi Daerah B Gelar Donor Darah (FOTO/PENDAM SRIWIJAYA)

Peringati HUT Ke-58, Dharma Pertiwi Daerah B Gelar Donor Darah (FOTO/PENDAM SRIWIJAYA)

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-58 Dharma Pertiwi Tahun 2022, organisasi yang tergabung dalam persatuan para istri-istri Prajurit TNI yang bertugas di wilayah Garnizun Palembang yakni, Dharma Pertiwi Daerah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) Donor Darah, Kamis (31/3/2022) pukul 10.00 WIB, bertempat di Hall People’s Market L-3 Palembang Icon Mall (PIM) Kota Palembang.

Adapun tema yang diusung pada Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-58 Dharma Pertiwi Tahun 2022 kali ini adalah, “Dharma Pertiwi Berperan Serta Mewujudkan Keluarga Sehat, Produktif dan Inovatif Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Selain ibu-ibu Dharma Pertiwi yakni, ibu-ibu Persit, Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini serta ibu-ibu Bhayangkari wilayah Garnizun Palembang, kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh sejumlah Prajurit TNI AD, AL, AU, PNS TNI, Polri, HIPKAD, FKPPI dan PPM serta Mahasiswa/i Akper Kesdam II/Swj.

Turut hadir dalam kegiatan Baksos Donor Darah tersebut, antara lain ; Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi, Kasdam II/Swj beserta Pejabat Utama Kodam II/Swj, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Danlanal Palembang, Danlanud SMH Palembang, LO TNI AL dan LO TNI AU dan para Dan/Kabalakdam II/Swj Garnizun Palembang.

Baca :  Klarifikasi Video Kekerasan Terhadap Anggota KKB dan Komitmen TNI Terhadap Oknum Prajurit Pelanggar Hukum

Hadir juga Ketua Umum PMI Provinsi Sumsel Ibu Hj. Febrita Lustia Herman Deru, Ketua Jalasenastri Lanal Palembang dan Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 10/Lanud SMH Palembang.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dharma Pertiwi  Daerah B, Ny. Shinta Agus Suhardi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para pendonor yang dengan penuh keikhlasan dan kesadaran menyumbangkan darahnya, demi menolong orang lain yang saat ini sedang membutuhkan. “Semoga ketulusan dan niat baik dari para pendonor akan mendapatkan berkah dan pahala yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa”, ucap Ny. Shinta.

Ia menjelaskan bahwa, Darah merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan metabolismenya, untuk itu ketersediaan darah dalam tubuh harus benar-benar terjaga dengan baik, karena kekurangan darah dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Baca :  Jaring Atlet Daerah, Kodam II/Swj Gelar Tournament Volley Ball

Darah hanya dapat diproduksi oleh tubuh, dan sampai saat ini belum ada satupun teknologi yang mampu memproduksi darah buatan, oleh karenanya kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan hanya dapat dipenuhi dengan kehadiran para Pahlawan Kemanusiaan, yaitu para pendonor darah sukarela yang menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan.

Selanjutnya, pemenuhan kebutuhan darah merupakan hal yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia, baik yang bersifat mendadak maupun secara rutin. Untuk memenuhi kebutuhan itu, sangatlah diperlukan bantuan darah dari kita semua yang sedang dalam keadaan sehat. “Sebagaimana ungkapan bahwa, setetes darah anda dapat menyelamatkan jiwa sesama. Dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya”, ungkap Ny. Shinta.

Oleh sebab itu, sambungnya, kegiatan donor darah yang lakukan saat ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat akan kebutuhan darah atau membantu menambah persediaan darah di PMI yang sewaktu-waktu diperlukan.

Baca :  Pererat Silaturahmi dengan Masyarakat, Pabung Muaro Jambi Dampingi Pj Bupati Laksanakan Safari Ramadhan

Semangat dan kesadaran sosial seperti ini, sungguh patut dihargai, semoga hal ini dapat terus kita tumbuhkan dan menjadi contoh dan ajakan bagi saudara-saudara kita yang lain, untuk senantiasa memiliki  rasa simpatik dan kepedulian terhadap sesama makhluk Tuhan yang sedang membutuhkan bantuan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua Dharma Pertiwi, Ny. Shinta mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para peserta donor yang akan menyumbangkan darah dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan donor darah ini.

Untuk diketahui, kegiatan donor darah yang lakukan saat ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat akan kebutuhan darah atau membantu menambah persediaan darah di PMI yang sewaktu-waktu diperlukan.

Dalam kegiatan Baksos Donor Darah ini, ditargetkan sebanyak 300 kantong darah yang terkumpul.**

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Membangun Hidup Sehat, Satgas TNI 711/Rks Edukasi Anak-Anak SD Ampas

Warta TNI

Siap !! Berkibar 321 Bendera Merah Putih di Pegunungan Tengah Nduga

Warta TNI

Mayjen TNI Rafael Granada Baay Resmi Jabat Danpaspampres

Warta TNI

Panen Jagung Perdana, Dandim Bute Berharap Ekonomi Masyarakat Terbantu

Warta TNI

Panglima TNI Hadiri Rapim Kemhan RI

Warta TNI

Ponpes Jauharul Falah Al-Islamy Juara Zona Muarojambi Liga Santri PSSI Piala Kasad 2022

Warta TNI

Peduli Kesehatan Masyarakat, Satgas Yonif Raider 200/BN Berikan Pelayanan Kesehatan Keliling

Warta TNI

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 07/Pelayangan Dampingi Perawatan Tanaman Kacang Panjang