Ikut Bursa Cawako Jambi, Budi Setiawan Bawa Segudang Visi dan Misi Untuk Kepentingan Masyarakat Komsos Sebagai Sarana Babinsa Untuk Jalin Silaturahmi Hari Libur, Babinsa Koramil 09/TP Tetap Bina Kemanunggalan TNI-Rakyat Pabung Muaro Jambi Hadiri Pelantikan Anggota PPS Untuk Pilkada Serentak 2024 KRI Diponogoro-365 Laksanakan Gunnery Exercise DI Zona Barbara, Laut Mediterania

Home / Portal Militer

Senin, 27 Februari 2023 - 12:28 WIB

Merawat kerukunan, Babinsa Hadiri Pemilihan Ketua RT

SRIWIJAYADAILY.CO.ID – Babinsa Kelurahan Sukakarya Kec. Kotabaru Kota Jambi, wilayah Koramil 415-09/Telanaipura Kodim 0415/Jambi Pelda R Simanihuruk menghadiri undangan kegiatan pemilihan Ketua RT 14, Minggu (26/02/2023).

Turut hadir Camat Kotabaru, Lurah Sukakarya, BKTM, ketua forum RT, ketua RT 14 lama serta warga RT. 14 Kel. Sukakarya.

Menurut Pelda R Simanihuruk bahwa kehadiran Babinsa sebagai bagian dari pelaksana Binter di wilayah sekaligus merawat kerukunan warga yang sedang memelihara nilai-nilai demokrasi dilingkungan tingkat RT.

Baca :  TNI AD Aktif Bantu Pemerintah Amankan Stok Pangan Nasional

Rukun Tetangga (RT) adalah lembaga kemasyarakatan yang dibentuk pemerintah kelurahan sebagai bagian wilayah administrasi kelurahan untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan yang berdasarkan gotong royong dan kekeluargaan, membantu kelancaran tugas pemerintah serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan, ujarnya.

Pemilihan ketua RT. 14 diikuti oleh 3 kandidat yang telah melalui seleksi oleh panitia pemilihan, yaitu Nurdin, Johardi dan Bakhtiar. Layaknya proses pencoblosan pilgub ataupun legislatif, panitia mendata pemilih kemudian mengarahkan ke bilik suara untuk memberikan suaranya.

Baca :  Memasuki Awal Ramadhan, Babinsa Koramil 12/Pasar Pantau Perkembangan Harga Sembako di Pasar

Disadari ataupun tidak, dengan adanya pemilihan Ketua RT, masyarakat telah memelihara Demokrasi. Dengan berdemokrasi melalui pemilihan ketua RT ini juga akan memberikan wawasan politik kepada warga bahwa perbedaan pilihan adalah nuansa demokrasi, tidak perlu kemudian menghasilkan konflik yang merusak harmonisasi sosial, tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Simanihuruk juga mengapresiasi kepada panitia penyelenggara bahwa mereka berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan pemilihan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Baca :  TMMD Ke-119 Kodim 0432/Basel Resmi Dibuka

Sosok ketua RT baginya harus mampu untuk mengayomi, melayani dan membimbing masyarakat, tidak menanamkan kepentingan personal maupun parsial.

“Ketua RT setelah terpilih nantinya agar segera menunaikan tanggung jawabnya secara optimal. Merawat kerukunan dan membangun kesejahteraan warga adalah tugas utama yang harus diwujudkan.” pintanya. (**)

Share :

Baca Juga

Portal Militer

Cek Kesiapan Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ, Ini Pesan Asops Panglima TNI

Portal Militer

Babinsa Koramil 05/Sengeti Hadiri Acara Pelantikan Kepala Dusun Lubuk Panjang

Portal Militer

Kasum TNI Pimpin Sertijab Asrenum dan Aster Panglima TNI

Portal Militer

Pangdam XVII/Cenderawasih Bersama Ny. Erni Teguh Muji Angkasa Menyambut Kedatangan Kasau di Lanud Silas Papare

Portal Militer

Wujud Kepedulian, Satgas Yonif 143/TWEJ Dirikan Sekolah Darurat Untuk Anak-Anak Papua

Portal Militer

Personel Satgas TMMD Ke-114 Kodim 1710/Mimika Bertolak Ke Lokasi TMMD Gunakan Perahu

Portal Militer

Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Skanto Lakukan Pendampingan Kepada Petani Jagung

Portal Militer

Dandim 0405/Lahat Panen Kangkung di Halaman Kantor Koramil Pulau Pinang