Tutup Apel Dansat 2024, TNI AD Lepas Tukik dan Burung ke Alam Liar Babinsa Ampel Hadiri Tradisi Grebeg Air Bersih Halal Bihalal Ala Pendam II/Swj Dengan Disperkim Sumsel Uji Kemampuan Fisik dan Mental Siswa Diktukba, Dodik Secaba Gelar Latihan Lintas Medan Kaajendam II/Swj Pimpin Acara Tradisi Korps Raport Masuk & Pindah Satuan

Home / Warta TNI

Minggu, 7 Mei 2023 - 12:01 WIB

Desa Bukit Peranginan Jadi Sasaran TMMD 116 Kodim 0420/Sarko

SRIWIJAYADAILY – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan tema, “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI – Rakyat Semakin Kuat”, akan digelar Kodim 0420/Sarko pada Tahun Anggaran 2023, mulai tanggal 10 Mei s.d 8 Juni 2023 mendatang.

Terkait dengan hal tersebut, Dandim 0420/Sarko selaku Dansatgas TMMD 116 Wilayah Korem 042/Gapu mengikuti Rapat Koordinasi yang dipimpin Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P., pada Jum’at (05/05/2023) lalu bertempat di Gedung Gatot Subroto Makodam II/Swj Palembang.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius bersama para Dandim jajaran di Wilayah Kodam II/Swj yang menjabat sebagai Dansatgas TMMD Ke-116 memaparkan rencana pelaksanaan TMMD Ke-116 TA 2023 kepada Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Ruslan Effendy.

Baca :  Yonif 144/JY Terima Pemeriksaan Psikologi Dari Dispsiad Sebelum Berangkat Penugasan Pamtas RI-PNG

Untuk wilayah Kodim 0420/Sarko, kegiatan TMMD akab dilaksanakan di Desa Bukit Peranginan, Kecamatan Mandiangin, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.

Adapun sasarannya meliputi sasaran fisik dan sasaran non fisik. Untuk sasaran fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 3,2 KM, Pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 800 meter, Pembuatan MCK, Renovasi masjid, Pembuatan Pos Kamling, RTLH 2 unit type 36, pembuatan sumur bor serta pembuatan tugu TMMD.

Sedangkan, sasaran non fisik berupa penyuluhan – penyuluhan seperti penyuluhan Wasbang, Han Pangan, Konservasi Alam, Stunting, Posyandu, Posbindu PTM, Kamtibmas, Bela Negara, Hukum dan HAM, Perikanan dan Peternakan, Pertanian dan perkebunan, Lingkungan hidup dan kehutanan serta penyuluhan Agama.

Baca :  Safari Ramadhan Pangdam II/Swj, Ibadah dan Wahana Silaturahmi

Dalam rapat koordinasi tersebut Brigjen TNI Ruslan Effendy menyampaikan beberapa penekanan Pangdam II/Swj kepada para Dansatgas agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan kegotong royong.

Pangdam juga meminta agar kegiatan TMMD dijadikan sebagai momen untuk menjalin Kemanunggalan TNI-Rakyat, dengan menunjukkan profil prajurit sebagai pelopor dalam membantu kesulitan masyarakat, bersikap sopan santun dan ramah tamah dalam menjalin komunikasi dengan segenap komponen masyarakat, sehingga kehadiran para prajurit TNI AD dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

“Jadikan kegiatan TMMD sebagai sarana untuk mempererat kerjasama yang baik dengan Pemda dan Instansi terkait, sehingga sasaran TMMD yang ditentukan dapat benar-benar membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah,” ujar Kasdam.

Baca :  Klarifikasi Video Kekerasan Terhadap Anggota KKB dan Komitmen TNI Terhadap Oknum Prajurit Pelanggar Hukum

Selanjutnya, Pangdam menegaskan agar melaksanakan koordinasi yang baik dengan semua pihak terkait, demi kelancaran kegiatan TMMD dan laporkan hal-hal menonjol pada kesempatan pertama.

“Lakukan tertib administrasi sebagai bentuk pertanggungjawaban di akhir pelaksanaan TMMD. Dan terakhir, perhatikan faktor keamanan dan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan”, tegas Brigjen TNI Ruslan.

Hadir dalam kegiatan rapat ini antara lain; Irdam II/Swj yang diwakili oleh Irutum Itdam ll/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Asrendam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, dan para Kabalakdam II/Swj serta para Dandim selaku Dansatgas dalam TMMD Ke-116 TA 2023.

*——– o0o ——–*

Share :

Baca Juga

Warta TNI

Kasad Beri Penghargaan Kepada 34 Personel TNI AD Atlet SEA Games Vietnam

Nasional

Ada 328 Pati TNI Mendapat Jabatan Baru

Warta TNI

Panglima TNI Hadiri Rapim Kemhan RI

Warta TNI

Merawat kerukunan, Babinsa Hadiri Pemilihan Ketua RT

Warta TNI

Satgas Yonif 123/Rajawali Tampilkan Hadrah Pada Peringatan Isra Mi’raj Di Perbatasan Papua

Warta TNI

Mengatasi Kesulitan Masyarakat, Kodim Mimika Salurkan BLT Minyak Goreng

Warta TNI

Dandim 0415/Jambi Pimpin Acara Korps Raport Kenaikan Pangkat

Warta TNI

Panglima TNI : TNI-Polri Harus Mempunyai Nilai Manfaat dan Menjadi Solusi Atasi Kesulitan Rakyat