Dahaga Prestasi Bangsa, Pangdam II/Swj dan Ribuan Warga Nobar Final AFC-U23 Dankodiklatal Sambut Hangat Kehadiran Dirlitbang Pusjiantralitbang Mabes TNI Bersama Masyarakat, Kasad dan Pangdam Cenderawasih Tanam 1.000 Pohon Mangrove Terkait Penggerebekan Narkoba, Dandim 0201/Medan : Penangkapan Bukan Di Asmil TNI AD Berikan Senyum Keceriaan Anak-Anak Lebanon, Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL Selenggarakan Education Program

Home / Nasional

Sabtu, 12 November 2022 - 07:07 WIB

Diresmikannya 3 DOB Papua, Kini Indonesia Miliki 37 Provinsi

JAKARTA, sriwijayadaily.co.id – Dengan diresmikannya tiga provinsi Daerah Otonom Baru (DOB) Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan oleh Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian, Jumat (11/11/2022). Maka saat ini Indonesia telah memiliki 37 provinsi, dimana 5 diantaranya adalah di Tanah Papua.

“Ini implikasinya akan luas dan kita tau bahwa nantinya akan lahir Perppu untuk mengakomodir dari adanya provinsi – provinsi baru ini,”kata Mendagri M Tito Karnavian di Jakarta.

Baca :  Kapuspen TNI Kunjungi Divisi Humas Polri Perkuat Sinergitas

Pasalnya dari DPD saja Papua akan diuntungkan luar biasa, karena satu provinsi undang – undangan menyatakan ada 4 perwakilan DPD. “Berarti 4 x 5 ada 20 orang anggota DPD dan itu suara Papua akan semakin lebih kuat di DPD. Termasuk juga di DPR RI pastinya akan bertambah,”terangnya.

Dengan demikian diharapkan semua aspirasi masyarakat akan bisa masuk dalam mekanisme constitutional di Senayan melalui perwakilan.

Baca :  Brigjen TNI Rachmad : TNI Harus Selalu Hadir dan Programnya Bermanfaat Langsung Ditengah Masyarakat

Disisi lain dengan pemekaran ini bisa membuat semua proses manajemen pemerintahan, pelayanan public akan lebih mudah. Dari Boven Digul, Asmat tidak perlu lagi ke Jayapura dan cukup ke Merauke ada Pj Gubernur Papua Selatan Apolos Safanpo.

Kemudian juga dari Dogiyai, Intan Jaya tidak perlu lagi ke Jayapura cukup ke Nabire ada Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk.

Baca :  Korem 081/DSJ Terjunkan Ratusan Personel Amankan Arus Balik Lebaran

Kemudian juga dari Yalimo, Nduga tidak usah jauh – jauh terbang ke Jayapura. Tetapi cukup ke Wamena saja, karena ada Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolas Kondomo. (**)

Artikel ini telah terbit di BogoPapua.net dengan judul : 3 DOB Papua Diresmikan Kini Indonesia Miliki 37 Provinsi

Share :

Baca Juga

Nasional

Follow the Sugardaddy Lifestyle

Nasional

Persalinan Dengan Metode Eracs di RS Marthen Indey Jayapura

Daerah

Memasuki 2022, Ini Target Kemendes PDTT

Nasional

Menyikapi Kenaikan Harga, Pemerintah Dorong Operasi Pasar

Daerah

Kemenhub Uji Coba Pemanduan Elektronik Pertama di Perairan Sungai Musi

Nasional

Kejagung Tangkap Buronan Korupsi KUR BRI Cijantung

Nasional

Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant

Nasional

Letjen (Purn) Doni Monardo Wafat, Ini Sepak Terjangnya Semasa Hidup