Sambut Idul Adha, Babinsa Desa Baru Amankan Pawai Obor dan Takbir Keliling Komitmen Alumni AKABRI ’94 dalam Mengatasi Stunting di Kalimantan Barat Prajurit Satgas Yonif 125/SMB Terangi Jembatan dan Dermaga di Kampung Yagatsu, Papua Prajurit TNI Rebut Distrik Bibida dari OPM dengan Tindakan Profesional dan Kemanusiaan TNI AL Gagalkan Upaya Penyelundupan Ribuan Baby Lobster di Cilacap

Home / Daerah

Sabtu, 11 Desember 2021 - 14:28 WIB

HD Buka Festival Kulintang, Kulineran Jaman Bingen

Sriwijayadaily

Ada yang unik dari Festival Kulintang (Kuliner Talang Kepuh) yang digelar di Kelurahan Talang Kepuh, Gandus Palembang, Sabtu (11/12/2021). Dibandingkan Festival Kuliner lain yang pada umumnya cenderung menyediakan makanan kekinian dan dibayar dengan mata uang rupiah pada umumnya.

Festival diadakan selama dua hari, tanggal 11 dan 12 Desember 2021 terbuka untuk siapa saja. Festival Kulintang kuliner yang disajikan adalah makanan jaman bingen, jajanan sekolahan dan alat pembayarannyapun uang mainan jaman bingen yang dapat ditukarkan oleh para pengunjung ditempat kasir yang sudah disediakan.

Baca :  Senkom Mitra Polri Kota Jambi Gelar Sholat Id Di Pelataran Bandara Sutha

” Hal tersebut dilakukan untuk memberikan sensasi kembali pada masa dahulu kepada para pengunjung dimana uang pecahan tersebut masih diberlakukan, ” ungkap Kepala¬† Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, DR. Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) saat membuka acara mengatakan bahwa Festival Kulintang dilaksanakan untuk mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki khususnya makanan dan jajan jaman bingen (dahulu).

Baca :  Wagub Jambi Abdullah Sani Apresiasi Pengajian Akbar dan Silaturahim Syawal LDII

“Masyarakat harus dapat mengikuti perkembangan jaman tanpa harus melupakan kebuduyaaan dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para nenek moyang, salah satunya melestarikan warisan kuliner yang dimiliki”¬† tegas HD.

Selain itu HD mengatakan bahwa festival ini juga akan memberikan manfaat pertumbuhan ekonomi pada masyarakat sekitar yang juga merupakan komitmennya dalam memajukan daerah secara merata sesuai dengan hastag yang dimilikinya “Sumsel Maju Untuk Semua”.

Baca :  Mayor Purn Zulkarnaini Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua DPC Pepabri Tebo Periode 2024-2029

“Ini merupakan salah satu cara dalam mewujuhkan komitmen kita, festival ini juga dilakukan untuk memajukan wilayah talang kepuh agar perkembangannya lebih cepat terlaksana serta lebih diperhatikan lagi oleh masyarakat palembang untuk dapat berkunjung kedaerah ini”, ucap HD.

Selanjutnya HD beserta tamu undangan lainnya meninjau stand yang ada di Festival Kulintang.

Share :

Baca Juga

Sumber Foto: jambidaily.com/ asri media group

Daerah

Al Haris: Jambi Peringkat 2 Pertumbuhan Ekonomi Se-Sumatera

Daerah

Budi Setiawan, Calon Walikota Jambi Sampaikan Ucapan Selamat Idul Adha

Daerah

Jembatan Citatang di Cianjur Amblas

Daerah

Pangdam II/Sriwijaya Hadiri Upacara Pembukaan Jambore Daerah Sumsel 2021

Daerah

BLT Minyak Goreng Rp300 Ribu Diberikan ke 20,5 Juta Keluarga dan 2,5 Juta PKL
Pasar Wisata, Pasar Bawah Pekanbaru (Foto: Heru Maindikali/Genpi.co)

Daerah

Tuan Rumah ICCF 2021, Ini 5 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Khas Riau di Pekanbaru

Daerah

Budi Setiawan : Momen Haornas Dapat Membangkitkan Semangat Olahraga di Provinsi Jambi

Daerah

Ekonomi Sumatera Tumbuh 3,78 Persen, Sumut dan Riau Paling Berkontribusi