DPR Setuju KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI Jum’at Bersih, Babinsa Kelurahan Sungai Nibung Bersama Warga Gotong Royong Tempat Ibadah Dandim 0419 Tanjab Bekali Menwa Sultan Thaha Tentang Kepemimpinan Dandim 0416/Bute Serahkan Bantuan Semen dan Al-Quran Ke Ponpes Daarul Hafidz Al- Manshuriyah SATGAS YONIF 143/TWEJ AMANKAN WARGA KEMBALI KE KAMPUNG DISTRIK KIWIROK PEGUNUNGAN BINTANG, PAPUA

Home / Regional

Sabtu, 11 Desember 2021 - 14:28 WIB

HD Buka Festival Kulintang, Kulineran Jaman Bingen

Sriwijayadaily

Ada yang unik dari Festival Kulintang (Kuliner Talang Kepuh) yang digelar di Kelurahan Talang Kepuh, Gandus Palembang, Sabtu (11/12/2021). Dibandingkan Festival Kuliner lain yang pada umumnya cenderung menyediakan makanan kekinian dan dibayar dengan mata uang rupiah pada umumnya.

Festival diadakan selama dua hari, tanggal 11 dan 12 Desember 2021 terbuka untuk siapa saja. Festival Kulintang kuliner yang disajikan adalah makanan jaman bingen, jajanan sekolahan dan alat pembayarannyapun uang mainan jaman bingen yang dapat ditukarkan oleh para pengunjung ditempat kasir yang sudah disediakan.

Baca :  Sosok Anak Tukang Becak di Tanjabbar Bawa Medali Emas dari Kejuaraan Karate

” Hal tersebut dilakukan untuk memberikan sensasi kembali pada masa dahulu kepada para pengunjung dimana uang pecahan tersebut masih diberlakukan, ” ungkap Kepala¬† Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, DR. Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) saat membuka acara mengatakan bahwa Festival Kulintang dilaksanakan untuk mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki khususnya makanan dan jajan jaman bingen (dahulu).

Baca :  Panen Cabai Merah Perdana, Gubernur Jambi Apresiasi Poktan Bangun Karya Betara

“Masyarakat harus dapat mengikuti perkembangan jaman tanpa harus melupakan kebuduyaaan dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para nenek moyang, salah satunya melestarikan warisan kuliner yang dimiliki”¬† tegas HD.

Selain itu HD mengatakan bahwa festival ini juga akan memberikan manfaat pertumbuhan ekonomi pada masyarakat sekitar yang juga merupakan komitmennya dalam memajukan daerah secara merata sesuai dengan hastag yang dimilikinya “Sumsel Maju Untuk Semua”.

Baca :  Sekda Tanjab Barat Tegaskan Rekrutmen PPPK Tidak Dipungut Biaya

“Ini merupakan salah satu cara dalam mewujuhkan komitmen kita, festival ini juga dilakukan untuk memajukan wilayah talang kepuh agar perkembangannya lebih cepat terlaksana serta lebih diperhatikan lagi oleh masyarakat palembang untuk dapat berkunjung kedaerah ini”, ucap HD.

Selanjutnya HD beserta tamu undangan lainnya meninjau stand yang ada di Festival Kulintang.

Share :

Baca Juga

Nasional

Warga Mengungsi Akibat Letusan Gunung Semeru Sebanyak 3.697 Jiwa

Opini

Selamat HUT Kota Sejuk Yang Penuh Tumpukan Sampah

Regional

Besok, Saksikan Lesung Luci Pergelaran Teater Tonggak Gratis di Taman Budaya Jambi

Regional

Pemprov Sumsel Hadiri Launching Aplikasi SATRIA

Olahraga

Budi Setiawan : Momen Haornas Dapat Membangkitkan Semangat Olahraga di Provinsi Jambi

Regional

Panen Perdana di Pokdakan Mina Omah Bioshi, Dorong Produksi Ikan Salatiga

Regional

Jangan Lewatkan 10-11 Juni 2022 Pergelaran LEMARI dari Teater Tonggak

Regional

Kepala BKPSDM Tanjab Barat Lantik Sekretaris Dinas P3AP2KB dan Fejabat Fungional